Diincar Kapal Perang AS, Militer Venezuela Kawal Tanker Iran Kirim Bahan Bakar

Kamis, 21 Mei 2020 - 12:08 WIB
Duta Besar Iran untuk Brussels, Gholam-Hossein Dehghani, berharap tidak ada insiden yang akan terjadi selama pelayaran lima kapal tanker bahan bakar Teheran. Dia memperingatkan bahwa Teheran akan betindak tegas terhadap Washington jika insiden tak diinginkan terjadi.

"Sama sekali di luar dugaan bahwa konflik akan dimulai oleh Iran di sana, oleh kapal tanker minyak," kata Dehghani dalam sebuah wawancara dengan Euronews yang dilansir Kamis (21/5/2020).

Baik Caracas dan Teheran telah menjadi sasaran sanksi AS dengan bertujuan memukul sektor penjualan minyak kedua negara tersebut. Pendapatan minyak mencapai sekitar 98 persen dari total pendapatan ekspor ke Venezuela.

Caracas sendiri sejatinya memiliki cadangan minyak terbesar di dunia. Namun, negara ini menyatakan "darurat energi" pada bulan Februari untuk melindungi industri minyaknya dari apa yang mereka sebut sebagai "agresi imperialis" dalam bentuk sanksi AS.

Amerika mengakui tokoh oposisi Juan Guaido sebagai presiden interim Venezuela tahun lalu setelah krisis politik pecah. Namun, pemerintah Presiden Nicolas Maduro masih terlalu kuat untuk digulingkan.
(zai)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More