Peneliti Itera: Meteor Benda yang Menimpa Rumah Warga di Lampung Tengah

Sabtu, 30 Januari 2021 - 16:26 WIB
Program Studi Sains Atmosfer dan Keplanetan Institut Teknologi Sumatera (Itera) memastikan benda langit yang jatuh menimpa rumah di Dusun 5, Kampung Astomulyo, Punggur, Lampung Tengah adalah meteor. Foto iNews TV/Roy M P/Riski
LAMPUNG TENGAH - Program Studi Sains Atmosfer dan Keplanetan Institut Teknologi Sumatera (Itera) memastikan benda langit yang jatuh menimpa rumah salah satu penduduk di Dusun 5, Kampung Astomulyo, Punggur, Lampung Tengah adalah batu meteor . Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan di Dusun 5, Kampung Astomulyo, Punggur, Lampung Tengah tersebut.



Dosen Sains Atmofer dan Keplanetan Itera Robiatul Muztaba mengatakan, penelitian tahap awal menggunakan mahnet, mengukur volume dan memastikan batu tersebut merupakan batu meteor.

“Itera telah mengambil sample batu tersebut untuk dilakukan penelitian lebih lanjut terkait apa saja yang ada dalam kandungan batu tersebut,” kata dia.





Peneliti menduga suara dentuman terdengar warga di Kabupaten Lampung Tengah dan Tanggamus ada hubungannya dengan fenomena jatuhnya meteorit tersebut.



“Warga tidak perlu panik dengan adanya fenomena jatuhnya meteorit tersebut. Warga bisa menghubungi peneliti jika fenomena serupa terulang kembali,” timpalnya.

Fenomena hujan meteor, kata dia, terjadi sepanjang Januari 2021 puncak hujan meteor terjadi pada 3-4 Januari lalu.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More