Wabah COVID-19, Ini Risiko Utama Pertumbuhan Ekonomi Jateng

Selasa, 12 Mei 2020 - 13:17 WIB
“Karantina yang dilakukan sejumlah negara tujuan ekspor Jateng membuat beberapa permintaan menjadi tertunda. Kinerja industri pengolahan ini selanjutnya berdampak pada lapangan usaha perdagangan,” ungkapnya.

Sektor perdagangan juga terpengaruh pusat perbelanjaan yang tak beroperasi dalam jangka waktu tertentu. Sementara, pergeseran musim panen tanaman pangan dan menurunnya luas panen, menjadi penyebab menurunnya kinerja lapangan usaha pertanian.

Dia menyatakan bahwa penyebaran wabah COVID-19 masih akan menjadi risiko utama pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah ke depan. Pembatasan sosial domestik akan mengurangi pergerakan masyarakat untuk melakukan aktivitas produksi maupun konsumsi. “Pelemahan ekonomi global juga akan mempengaruhi kinerja ekspor dari Jawa Tengah,” ujarnya.

Kebijakan stimulus pemerintah dalam mengurangi dampak COVID-19 diharapkan berdampak efektif dalam nurturing perekonomian. Selain itu, kreativitas industri di Jawa Tengah seperti switching produksi menjadi alat pelindung diri (APD) dan masker saat ini juga diharapkan dapat menjadi penggerak perekonomian di tengah wabah ini.
(nun)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More