Kisah Tongggak Kayu Jati Penyangga Benteng Pendem, Diguncang Gempa Tetap Utuh

Senin, 23 November 2020 - 05:10 WIB
Benteng Pendem di Lodoyong, Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jateng merupakan saksi bisu kolonialisme Belanda hingga tekad bangsa Indonesia merebut kemerdekaan. Foto/iNews/Ahmad Antoni
Benteng Pendem atau Gedung Fort Willem I di Lodoyong, Ambarawa , Kabupaten Semarang, Jateng merupakan saksi bisu kolonialisme Belanda hingga tekad bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan. (Baca juga: KH Anwar Musaddad, Ulama Besar yang Kerap Merepotkan Pasukan Belanda)

Bangunan yang pernah jadi markas serdadu Belanda itu kini masih tegap berdiri meski masih berselimut misteri. Akses menuju lokasi benteng pendem dapat melalui jalur lingkar Ambarawa atau dekat RSUD dr Gunawan Mangunkusumo. Patokannya, ada gapura berwarna kuning. Jika dari Kota Semarang, dapat ditempuh sekitar 1,5 jam, berkendara motor atau mobil. (Baca juga: Mengungsi dari Amukan Merapi, Warga Tlogolele Sebut "Simbah Buyut Mau Punya Gawe")



Setelah sampai di tempat tersebut, pengunjung harus melalui Jalan Kyai Mahfudh Salam atau Jalan Benteng Dalam. Jalan tersebut terbilang kecil, kendaraan roda empat tak bisa jalan bersisihan. Bila tidak melewati tempat itu, bisa juga melewati kompleks militer dan Lapas Ambarawa. Namun tentu saja, harus diperiksa dengan ketat.

(Baca juga: Misteri Pusaka-pusaka Kerajaan Mataram yang Dibuat dari Batu Meteor)



Sekitar satu kilometer dari gerbang berwarna kuning, warga setempat telah menyediakan tempat parkir. Untuk retribusinya, cukup membayar Rp5.000 per orang dan Rp5.000 untuk parkir.



Dari lahan parkir, yang langsung terlihat adalah lengkungan gerbang seperti lorong. Bangunan tersebut terlihat begitu kuno. Bagian dinding sudah nampak mengelupas di kanan kiri. Ada kesan seram namun, tak menghilangkan kesan kokoh, elok sekaligus menakjubkan.

Ketua RT 07 Desa Lodoyong Mahmudi mengungkapkan, warga sekitar menyebut bangunan itu sebagai beteng pendem atau benteng terpendam. Selain karena konstruksinya, lokasi benteng ini pun berada di areal persawahan dan dipenuhi belukar.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More