Gunakan LPG 3 Kg, Sejumlah Rumah Makan di Kota Bitung Dirazia

Jum'at, 13 November 2020 - 07:49 WIB
Sejumlah rumah makan berskala besar di Kota Bitung yang masih menggunakan tabung gas elpiji 3 kg terjaring razia dalam sidak yang dilakukan Pertamina dan Pemkot Bitung. SINDOnews/Cahya
MANADO - Sejumlah rumah makan berskala besar di Kota Bitung yang masih menggunakan tabung gas elpiji 3 kg terjaring razia dalam sidak yang dilakukan Pertamina dan Pemkot Bitung.

Wali Kota Bitung, Edison Humiang sendiri sebelumnya meminta agar dilakukan penindakan terhadap penyalahgunaan gas bersubsidi. Bahkan akan melakukan pembersihan terhadap rumah makan skala besar serta pangkalan yang melanggar aturan penyaluran dan penggunaan LPG 3 kg bersubsidi.

Ia pun meminta jajarannya bersama PT Pertamina untuk melakukan sidak. Permintaannya itu ditindaklanjuti dengan surat perintah pelaksanaan sidak yang ditandatangani Sekda Kota Bitung Audi Pangemanan.

"Selanjutnya, tim yang terdiri atas PT Pertamina Manado, Bagian Perekonomian, Bagian SDA, Satpol PP dan Dinas Perdagangan Kota Bitung langsung melakukan sidak, kemarin. Beberapa rumah makan skala besar kena 'sibu' karena menggunakan puluhan tabung gas LPG 3 kg bersubsidi,"kata Kabag Perekonomian Setda Kota Bitung, Rolien Dipan, Jumat (13/11/2020).

Dikatakan, sidak dilakukan pihaknya bekerja sama dengan PT Pertamina Cabang Manado, Bagian SDA, SATPOL PP dan Dinas Perdagangan Bitung sebagai sidak awal menjelang hari besar keagamaan. “Hasilnya sungguh mengejutkan,” kata Dipan.



Dijelaskan, rumah makan yang kedapatan menyalahgunakan gas LPG bersubsidi masing-masing RM Arema, RM Glory Girian, dan RM Minang Manembo-nembo. RM Arema kedapatan menimbun 30 tabung gas LPG 3kg, RM Glori 18 tabung dan RM Minang 3 tabung. (Baca: Pilkada OI Memanas, Sopir Petahana Diserang di Lokasi Debat).

“RM Minang Manembo-nembo, sebenarnya telah menggunakan bright gas non subsidi 5,5 kg sebanyak delapan tabung, namun ternyata masih menggunakan tabung 3 kg sebanyak 3 buah," jelas mantan Camat Aertembaga ini.

Sidak seperti ini, menurut Dipan, akan dilakukan berulang untuk menindaklanjuti keluhan masyarakat terkait langkanya gas LPG 3 kg di pasaran akhir-akhir ini.
(nag)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More