2 Kapal Ikan Vietnam Disergap KRI Usman Harun-359 di Natuna Utara

Minggu, 20 September 2020 - 14:27 WIB
KRI Usman Harun-359 berhasil menangkap dua kapal ikan asing berbendera Vietnam, di Laut Natuna Utara. Foto/Ist.
NATUNA UTARA - KRI Usman Harun-359 berhasil menangkap dua kapal ikan asing berbendera Vietnam, yang didapati melakukan kegiatan illegal fishing di wilayah perairan Laut Natuna Utara, Sabtu (19/9/2020).

(Baca juga: Lecehkan Gerakan Salat, 4 Pemuda Digelandang Polres Sampang )

Penangkapan berawal saat KRI Usman Harun-359 melaksanakan patroli rutin di perairan Laut Natuna Utara, di bawah kendali operasi (BKO) Gugus Tempur Laut Koarmada I (Guspurla Koarmada I).

Dalam patroli tersebut, KRI Usman Harun-359 mendeteksi Kapal Ikan Asing (KIA) yang dicurigai tengah melakukan aktivitas penangkapan ikan menggunakan jaring di wilayah di Laut Natuna Utara, yang merupakan Perairan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia.





Menyadari didekati KRI Usman Harun-359 , kedua kapal tersebut berusaha melarikan diri dengan sebelumnya melepaskan jaring ke laut dan menambah kecepatan serta berpencar menjauh untuk menghindari KRI Usman Harun-359 .

Menyikapi hal tersebut, Komandan KRI Usman Harun-359 Kolonel Laut (P) Binsar Alfret Syaiful Sitorus, memerintahkan untuk melaksanakan peran tempur yang akan dilanjutkan dengan peran pemeriksaan dan penggeledahan.

(Baca juga: Banjir yang Rendam Wilayah Kapuas Hulu Mulai Surut )

Dalam pengejaran tersebut, KRI Usman Harun-359 memberlakukan prosedur dengan memberikan isyarat agar KIA tersebut berhenti, namun kedua KIA tidak mengindahkan. Setelah dilakukan pengejaran dengan melakukan manuver, akhirnya KIA target yang dikejar KRI Usman Harun-359 dapat dihentikan.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More