Polri Kirim Pasukan Perdamaian Garuda Bhayangkara II ke Afrika Tengah

Minggu, 06 September 2020 - 00:16 WIB
Personel Satgas Garuda Bhayangkara II mencium bumi sebagai kecintaan kepada Tanah Air. Foto/Istimewa
TANGERANG - Polri melaksanakan apel pemberangkatan kontingen Satuan Tugas Garuda Bhayangkara II FPU 12 UNAMID dan FPU 2 MINUSCA ke Afrika, Jumat (4/9/2020) bertempat di lapangan Gudang Hankam Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten .

Apel dipimpin oleh Kepala Divisi Hubungan Internasional Polri Irjen Pol Johni Asadoma dan dihadiri Kepala Biro Misi Internasional Divhubinter Polri Brigjen Pol Krishna Murti dan pejabat utama Mabes Polri. (BACA JUGA: Pengusaha Wisata Bandung Tolak Rencana Bandara Husein Jadi Domestik )

Pemberangkatan dibagi menjadi 2 chalk. Chalk 1 berangkat pada Jumat 4 September 2020 pukul 22.00 WIB menggunakan Pesawat Boeing 767-300 milik UNITED NATIONS yang bertolak dari Bandara International Soekarno Hatta menuju Bandara Bangui Afrika Tengah dan Bandara El Fasher di Sudan Afrika. Chalk 2 direncanakan akan berangkat pada 27 September 2020 mendatang. (BACA JUGA: Tim Gabungan Pemberantasan BNNP Jabar Ungkap Penyalahgunaan Suboxone )

Kadivhubinter Polri Irjen Pol Johni Asadoma mengatakan, anggota Polri yang akan melaksanakan tugas pada misi PBB untuk tetap menjaga nama baik Negara Kesatuan Republik Indonesia di mata internasional. "Seperti apa yang diucapkan Para Kasatgas FPU pada waktu Upacara Pelepasan Di Mabes Polri Lalu," kata Irjen Pol Johni. (BACA JUGA: Kogabwilhan III Bantah Klaim OPM yang Tewaskan 8 Prajurit TNI )

Seusai menerima amanat langsung dari Kadihubinter, kedua kontingen pasukan perdamaian dunia tersebut melaksanakan “Tradisi Mencium Bumi”. Ini merupakan Simbol kecintaan dan kebanggaan mereka kepada tanah Air Indonesia yang sesaat lagi akan mereka tinggalkan untuk bertugas membawa nama baik bangsa di dunia internasional.



Biro Misi Internasional merupakan satuan kerja di bawah struktur Divisi Hubungan Internasional Polri yang membawahi Bagian Perdamaian dan Kemanusiaan atau Bagdamkeman, yang bertugas menyelenggarakan misi pemeliharaan perdamaian dan misi kemanusiaan non-konflik dalam wadah internasional PBB telah berhasil memberangkatkan ribuan personel Polri dalam penugasan sebagai Formed Police Unit (FPU) pada misi UNAMID di Sudan sejak 2008 dan MINUSCA di Republik Afrika Tengah sejak 2019.
(awd)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More