Olahan Minyak Kelapa Murni Jadi Komoditas Unggulan Seram Bagian Barat

Jum'at, 18 Oktober 2024 - 17:16 WIB
Hasil olahan dari kelapa berupa minyak kelapa murni (virgin coconut oil) menjadi komoditas produk unggulan dari Seram Bagian Barat, Maluku. Foto/Ist
SERAM BAGIAN BARAT - Hasil olahan dari kelapa berupa minyak kelapa murni (virgin coconut oil) menjadi komoditas produk unggulan dari Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku.

Usaha pengolahan minyak kelapa murni telah berlangsung lama. Di antaranya di Desa Sanahu, Kecamatan Elpaputih.





Berawal dari Program SOLID-IFAD dan Dinas Ketahanan Pangan SBB Kabupaten Seram Bagian Barat pada tahun 2014, usaha pengolahan minyak kelapa murni berlangsung hingga sekarang.

"Kami terus berupaya meningkatkan kualitas dan kapasitas produksi olahan minyak kelapa ini sehingga panen buah kelapa di wilayah kami mendapatkan nilai tambah," kata Ketua Kelompok Penerima Bantuan (KPB) Vinama Desa Sanahu, Kecaman Elpaputih, Kabupaten Seram Bagian Barat, Bapa Poly, Jumat (18/10/2024).

"Ada lima kelompok yang menerima bantuan berupa pelatihan dan modal, namun sekian tahun berjalan hanya kami dari Kelompok Vinama yang masih bertahan untuk melanjutkan pengolahan minyak kelapa murni ini," sambungnya.

Dia mengatakan usaha pengolahan minyak kepala murni memang membutuhkan ketekunan ekstra.



Pengolahan kelapa hingga menjadi minyak tanpa bantuan bahan kimia bukan perkara gampang. Bahkan suasana hati para perajinnya minyak kelapa murni ini juga ikut mempengaruhi.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content