Jejak Terakhir Gajah Mada Meditasi hingga Moksa di Air Terjun Madakaripura

Minggu, 06 Oktober 2024 - 14:44 WIB

Sumpah Palapa



Karir militer Gajah Mada mulai bersinar setelah berhasil menyelamatkan Raja Jayanegara dari pemberontakan Ra Kuti pada tahun 1319. Sejak itu, Gajah Mada dipercaya menumpas berbagai pemberontakan, hingga akhirnya diangkat sebagai Mahapatih Majapahit oleh Tribhuwana Wijayatunggadewi.

Namanya semakin terkenal ketika berhasil memperluas kekuasaan Majapahit ke berbagai penjuru Nusantara, termasuk Bali, Sriwijaya, dan Tumasik (sekarang Singapura).

Salah satu peristiwa paling dikenang dalam sejarah Gajah Mada adalah Sumpah Palapa, sebuah janji untuk tidak menikmati kesenangan duniawi sebelum berhasil menyatukan Nusantara. Peristiwa ini tetap menjadi topik yang diperdebatkan oleh sejarawan hingga kini.

Menurut Kitab Negarakertagama, Gajah Mada dianugerahi wilayah Madakaripura setelah banyak kerajaan penting berhasil direbut.

Di sinilah, dalam kesunyian air terjun abadi, Gajah Mada melakukan meditasi terakhirnya, menjadikan tempat ini penuh dengan aura mistis dan sejarah yang menunggu untuk dijelajahi.
(shf)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content