Profil dan Jejak Karier Kapolda Sulawesi Utara Irjen Pol Roycke Harry Langie

Minggu, 29 September 2024 - 14:09 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melantik Irjen Pol Roycke Harry Langie sebagai Kapolda Sulawesi Utara di Ruang Rupattama Mabes Polri pada Sabtu (28/9/2024). Foto/Humas Polri
MANADO - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melantik sejumlah pejabat tinggi di lingkungan Polri, termasuk Kapolda Sulawesi Utara yang baru Irjen Pol Roycke Harry Langie. Upacara pelantikan berlangsung di Ruang Rupattama Mabes Polri pada Sabtu (28/9/2024).

Irjen Pol Roycke resmi menggantikan Irjen Pol Yudhiawan Wibisono yang kini menjabat sebagai Kakorbinmas Baharkam Polri.

Penunjukan Irjen Pol Roycke sebagai Kapolda Sulut tertuang dalam Surat Telegram nomor T/2098/IX/KEP./2024 hingga T/2101/IX/KEP./2024.



Sebagai lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1994, Irjen Roycke memiliki latar belakang yang kuat di bidang reserse dan penegakkan hukum yang menjadikannya sosok yang tangguh dan berpengalaman dalam memimpin institusi di Polri.



Yang menarik, Roycke merupakan putra daerah Sulawesi Utara, berasal dari Minahasa Selatan, tepatnya Pakuweru, Tenga. Penugasan sebagai Kapolda Sulut bukan hanya sebuah amanah, tetapi juga sebuah kebanggaan bagi Roycke yang kembali memimpin di tanah kelahirannya.

Selama kariernya di kepolisian, Roycke pernah menduduki berbagai jabatan strategis, termasuk empat kali menjadi Kapolres. Salah satu momen penting dalam kariernya adalah ketika ia menjabat sebagai Kepala Operasi Nemangkawi tahun 2020.

h

Sebuah operasi gabungan TNI-Polri yang bertujuan memberantas Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua berganti nama jadi Satgas Damai Cartenz. Kala itu, Roycke masih berpangkat Brigjen, dan di bawah komandonya, operasi tersebut berhasil mencatat prestasi.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content