Penampakan Gedung Universitas Pohuwato Rusak Akibat Gempa M6,1

Selasa, 24 September 2024 - 14:26 WIB
Gedung Kampus II Universitas Pohuwato (UNIPO) Boalemo, Gorontalo rusak akibat diguncang gempa bumi berkekuatan magnitudo (M)6,1 pada Selasa (24/9/2024). Foto/BMKG
GORONTALO - Gedung Kampus II Universitas Pohuwato (UNIPO), Kabupaten Boalemo, Gorontalo rusak akibat diguncang gempa bumi berkekuatan magnitudo (M)6,1 pada Selasa (24/9/2024).

“Terjadi kerusakan ringan (dinding retak dan kaca jendela pecah) pada Kampus II Universitas Pohuwato (UNIPO), Kab. Boalemo-Gorontalo,” ujar Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Daryono.



Selain itu, Daryono juga melaporkan adanya kerusakan ringan di gedung TK Menara Ilmu Limboto, Gorontalo.

“Kerusakan ringan di TK Menara Ilmu Limboto Kabupaten Gorontalo, plafon rusak,” ujarnya.

Daryono sebelumnya telah melaporkan bahwa ada dua masjid yang mengalami kerusakan di Banggai Sulawesi Tengah.

“Dilaporkan terdapat dua fasilitas ibadah rusak ringan yakni Masjid Besar An-Nur Kota Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. Dan Masjid Al-Ikhlas Desa Bunga Baru, Kec. Luwuk Utara, Kab. Banggai, Suteng,” ujarnya.



Sebelumnya kekuatan gempa ini disebut M6,4. Namun dari hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan M6,1.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas deformasi dalam lempeng Sangihe,” ujarnya.

Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Kotamobagu, Bolaang Mongondow Selatan, Gorontalo, Kota Gorontalo, Pohuwato, Luwuk, Bone Bolango, Boalemo dengan skala intensitas III-IV MMI (Pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah).

Selanjutnya, di daerah Gorontalo Utara, Buol dan Bolaang Mongondow Timur dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu).
(shf)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content