Gempa M5,0 Kabupaten Bandung Merusak, BPBD Cek Lokasi Terdampak

Rabu, 18 September 2024 - 12:10 WIB
Rumah warga di Kecamatan Kertasari yang terdampak akibat gempa 5.0 Magnitudo yang melanda Kabupaten Bandung. Foto/Istimewa
BANDUNG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung mengerahkan personel untuk memeriksa kerusakan akibat gempa yang mengguncang wilayah Kabupaten Bandung.

Dua wilayah yang paling terdampak gempa 5.0 Magnitudo ini yakni Kecamatan Kertasari dan Pangalengan.

“Kami saat ini sudah mengerahkan personel untuk mengecek kondisi bangunan di dua kecamatan yaitu Kecamatan Panganlengan dan Kertasari,” ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bandung Beny Sonjaya, Rabu (18/9/2024).



Beny menjelaskan saat ini pihaknya tengah membawa perlengkapan untuk warga yang terdampak seperti logistik dan juga sembako. ”Kita persiapkan seperti tenda, sembako dan perlengkapan darurat lainnya untuk diberikan kepada warga yang membutuhkan,” jelasnya.

Tak hanya itu, dirinya mengungkapkan akan terus memantau situasi dan mengingatkan masyarakat agar tetap tenang dan tidak mudah percaya pada informasi yang tidak resmi mengenai gempa tersebut.

“Fokus kami saat ini adalah memastikan keselamatan warga dan memetakan tingkat kerusakan akibat gempa,” ujarnya.

Ketua Unit Cegah Siaga (UCS) Kecamatan Kertasari, Deden Saputra, gempa terasa sangat kuat. Saat gempa terjadi, Deden dan beberapa warga tengah berada di kantor Kecamatan.



Gempa terasa sangat kencang. Saat itu, warga sedang beraktivitas di kantor kecamatan dan semua orang langsung berlarian keluar ke lapangan,” ungkapnya melalui telepon.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content