Survei Pilkada Kutai Kartanegara Versi LKPI, Ini Hasilnya

Kamis, 05 September 2024 - 19:03 WIB
Hasil survei juga menunjukkan sebanyak 20,2 persen publik mengaku masih mungkin mengubah pilihan, 73,4 persen mengaku tidak akan berubah, dan 6,4 persen menjawab tidak tahu.

“Dalam survei juga ditemukan bahwa tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Bupati Edi Damansyah selama dua periode menjabat sebagai bupati hanya 32,8 persen saja yang puas dan selebihnya 67,2 persen tidak puas,” ujar Togu.

Adapun 1.400 responden yang dipilih dengan metode multistage random sampling dari populasi jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilu 2024.

Sebanyak 543.063 pemilih tersebar di seluruh Kabupaten Kutai Kartanegara yang dikelompokkan lagi berdasarkan desa/kelurahan, lalu dipilih secara acak berdasarkan kluster pada 5 RT.

Lalu, dipilih acak 2 kepala keluarga yang memiliki hak pilih baik laki-laki atau perempuan untuk diwawancarai langsung dan melalui video WhasApp Call.

"Hasil survei memiliki margin of error sekitar 2,62 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Survei dilaksanakan sejak 26 Agustus sampai dengan 4 September 2024," ungkapnya.

Pengamat Politik dan Intelijen dari Universitas Indonesia Muhammad Sutisna berpendapat bahwa survei ini mengambarkan adanya kenginan masyarakat Kutai Kartanegara dalam memilih kepala daerah pada sosok yang berlatar belakang sama dengan Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

Dia menilai ada fenomena Prabowo Effect dalam pilihan masyarakat terhadap pasangan Dendi Suryadi dan Alif Turiadi yang tingkat keterpilihan hingga 50% lebih.
(shf)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content