Survei LSI: Elektabilitas ASR-Hugua Tertinggi, Warga Sultra Lebih Memilih Perubahan

Minggu, 01 September 2024 - 06:32 WIB
Di kantong pemilih usia dengan akumulasi pemilih mudah generasi milenial dan Gen Z yang populasi sebesar 47,5%, tentunya dukungan pemilih mudah dan milennial sangat menentukan dalam pilkada nanti. Per hari ini, survei menunjukkan bahwa pasangan Andi Sumangerukka – Hugua unggul di segmen pemilih milennial umur 30-39 tahun sebesar 37,3%.

Di urutan kedua adalah pasangan Tina Nur Alam – Ihsan Taufik Ridwan sebesar 24,2%. Selanjutnya Lukman Abunawas-La Ode Ida sebesar 20,6%, dan posisi terakhir Ruksamin-Syafei Kahar sebesar 7,1%.

Segmen pemilih muda umur di bawah 29, Andi Sumangerukka – Hugua ikut unggul dengan dukungan sebesar 31,9%. Di posisi kedua ada pasangan Tina Nur Alam – Ihsan Taufik Ridwan sebesar 21,2%. Selanjutnya terpaut tipis ada Lukman Abunawas-La Ode Ida sebesar 21,1%, dan posisi terakhir Ruksamin-Syafei Kahar sebesar 8,1%.

Pada segmen pemilih 40-49 tahun, pasangan Andi Sumangerukka – Hugua juga unggul dengan dukungan sebesar 35,3%. Di posisi kedua ada pasangan Tina Nur Alam – Ihsan Taufik Ridwan sebesar 29,8%. Selanjutnya posisi ketiga ada Lukman Abunawas-La Ode Ida sebesar 15,4% dan posisi terakhir Ruksamin-Syafei Kahar sebesar 6,5%.

Kemudian, segmen pemilih lansia di atas 50 tahun, pasangan Andi Sumangerukka – Hugua juga unggul dengan dukungan sebesar 33,4%. Di posisi kedua ada pasangan Tina Nur Alam – Ihsan Taufik Ridwan sebesar 22,4%, selanjutnya posisi ketiga ada Lukman Abunawas-La Ode Ida sebesar 23,9%, dan posisi terakhir Ruksamin-Syafei Kahar sebesar 4,1%.

Di kantong pemilih profesi, semua profesi pasangan ASR-Hugua unggul, seperti di pemilih Emak-emak IRT yang merupakan profesi terbesar menunjukkan bahwa pasangan Andi Sumangerukka – Hugua unggul sebesar 34,3%. Kedua pasangan Tina Nur Alam – Ihsan Taufik Ridwan sebesar 27%. Selanjutnya Lukman Abunawas-La Ode Ida sebesar 16,9%, dan posisi terakhir Ruksamin-Syafei Kahar sebesar 5,2%.

Di segmen profesi petani dan peternak Andi Sumangerukka – Hugua ikut unggul dengan dukungan sebesar 35,4%. Di posisi kedua ada pasangan Tina Nur Alam – Ihsan Taufik Ridwan sebesar 32,8%, selanjutnya ada Lukman Abunawas-La Ode Ida sebesar 19%, dan posisi terakhir Ruksamin-Syafei Kahar sebesar 3,7%.

Selanjutnya pada segmen profesi wiraswasta, Andi Sumangerukka – Hugua ikut unggul dengan dukungan sebesar 32,5%. Di posisi kedua ada pasangan Tina Nur Alam – Ihsan Taufik Ridwan sebesar 24,1%, selanjutnya ada Lukman Abunawas-La Ode Ida sebesar 21,3%, dan posisi terakhir Ruksamin-Syafei Kahar sebesar 3,1%.

Lalu, di segmen profesi nelayan Andi Sumangerukka – Hugua ikut unggul dengan dukungan sebesar 29,6%. Disusul kemudian Lukman Abunawas-La Ode Ida sebesar 24,1%, Tina Nur Alam – Ihsan Taufik Ridwan sebesar 18,6%, dan Ruksamin-Syafei Kahar sebesar 0%. “Angka nol bukan berarti tidak ada, namun angkanya kecil. Bahkan jika ditambahkan margin of error,” jelasnya.

Di kantong pemilih konstituen partai politik, Andi Sumangerukka (ASR) – Hugua Unggul di konstituen Gerindra sebesar 36,5%, Golkar sebesar 45,8%, dan PPP unggul telak sebesar 84,6%. Pasangan Tina Nur Alam – Ihsan Taufik Ridwan Unggul di konstituen Nasdem sebesar 55,4%.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content