Aksi Debus dan Bakar Ban Warnai Demo Mahasiswa Tolak RUU Pilkada di Gedung DPRD Jabar

Kamis, 22 Agustus 2024 - 15:22 WIB
Demonstrasi ribuan mahasiswa menolak RUU Pilkada di Gedung DPRD Jawa Barat, Kamis (22/8/2024) terus berlangsung. Selain berorasi, demo juga diwarnai aksi debus. Foto/Agung Bakti Sarasa
BANDUNG - Demonstrasi ribuan mahasiswa menolak RUU Pilkada di Gedung DPRD Jawa Barat, Kamis (22/8/2024) masih terus berlangsung. Selain berorasi, demo mahasiswa kali ini juga diwarnai aksi debus.

Berdasarkan pantauan SINDOnews, terlihat tiga orang dari perwakilan demonstran mempertontonkan aksi teatrikal di hadapan para massa aksi lainnya.



Mereka memperlihatkan aksi kekebalan tubuh. Mereka terlihat melakukan gerakan layaknya orang bersilat sambil memegang sebuah lampu neon.

Beberapa saat kemudian, mereka lalu memakan lampu neon tersebut dengan ekspresi datarnya. Tampak, tak ada rasa takut di raut wajah mereka saat memakan benda tajam tersebut.

Usai pertunjukan debus tersebut, massa aksi pun kembali melanjutkan demonya dengan orasi. Selain itu, massa juga mulai membakar ban bekas.

Sebelumnya, koordinator aksi demo mahasiswa, Indra mengatakan, aksi unjuk rasa ini merupakan bentuk muaknya masyarakat terhadap cara-cara kotor pemerintah demi abadinya kekuasaan.



"Kita ketahui bersama bahkan dari sejak pilpres sendiri sudah melihat bagaimana kecurangannya dan itu akan terus terjadi. Siapapun tiraninya, siapapun rezimnya, itu akan terus terjadi," ucap Indra ditemui disela-sela aksi.

"Makanya kita hari ini adalah bentuk suara atau bentuk seruan secara umum, secara terbuka, salah satu aja (RUU Pilkada) itu. Bagi siapapun, terus bangkit berdiri melawna tirani, melawan ketidak adilan," tambahnya.

Sementara itu, salah satu orator yang juga mahasiswa asal Bandung, Syafika Sahla memastikan, aksi unjuk rasa ini tidak ditunggangi kekuatan politik apa pun.

"Ini benar-benar suara kita. Orang melihat, orang tertarik, orang datang, tidak ada kita membuat perjanjian, mengeluarkan budget sekian, apalagi dibayar oleh siapa, tidak ada," ucap Sahla.

Meski aksi debus dan bakar ban mewarnai demonstrasi mahasiswa ini, namun hingga pukul 14.15 WIB, situasi di kawasan Gedung DPRD Jabar masih kondusif. Sejumlah aparat keamanan pun tampak bersiaga mengamankan jalannya demonstrasi.
(shf)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content