7 Fakta Ronggolawe, Perisai Hidup Raden Wijaya dengan Cap Pemberontak Majapahit

Selasa, 06 Agustus 2024 - 12:45 WIB

3. Menjadi Adipati Tuban



Karena jasa-jasa Ronggolawe yang besar dan penting, dirinya sebagai adipati Tuban dan mempercayakan pemerintahan daerah itu padanya.

Pada awalnya, Ronggolawe menerima mandat yang diberikan padanya itu dengan lapang dada. Namun hal itu berubah setelah mengetahui jika Nambi dijadikan seorang Patih di Majapahit.

4. Merasa Iri dengan Nambi



Latar belakang pemberontakan Ronggolawe sendiri terdapat dua versi yang berbeda. Ada sumber yang menyebutkan jika Lawe merasa iri karena Nambi mendapatkan jabatan yang lebih tinggi darinya, padahal menurutnya Nambi tidak berjasa besar dalam memperluas Majapahit.

Sedangkan versi kedua, Ronggolawe merasa iri karena dihasut oleh Mahapatih sehingga menganggap jika kedudukan Mahapatih diserahkan padanya atau Lembu Sora yang lebih berjasa.

5. Pemberontakan Ranggalawe



Akibat kekecewaan karena pembagian jabatan tersebut, Ronggolawe kembali ke Tuban dengan menyimpan amarah. Ketika akan melancarkan pemberontakan, dia sempat dicegah oleh ayahnya yang bernama Wirajaya.

Namun tekad Ronggolawe tetap pergi, keadaan semakin memanas ketika tokoh Mahapati muncul dan memprovokasi Ronggolawe. Dari sinilah dia mulai mengumpulkan pasukan dan hendak menuju Majapahit.

Perbuatan Ronggolawe menyulut keributan di kerajaan Majapahit. Para pembesar raja dan raja sendiri menganggap Ronggolawe menentang keputusan raja.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content