7 Fakta Ronggolawe, Perisai Hidup Raden Wijaya dengan Cap Pemberontak Majapahit

Selasa, 06 Agustus 2024 - 12:45 WIB
Ronggolawe sosok yang setia kepada Raja Majapahir Raden Wijaya kisahnya berakhir tragis. Foto sosok Ronggolawe karya pelukis Tuban, Prapto Dwi Utomo. Foto/Istimewa
Ronggolawe adalah salah satu sosok yang memimpin pemberontakan pada saat masa kekuasaan Raden Wijaya di Majapahit. Pemberontakan yang dilakukannya ini jadi salah satu kisah yang cukup populer.

Masih belum diketahui secara pasti penyebab utama pemberontakan yang dilakukannya, namun satu hal yang melatarbelakangi pemberontakan ini adalah rasa iri dari Ronggolawe itu sendiri.

7 Fakta Ronggolawe

1. Teman Dekat Raden Wijaya



Dikutip dari Jurnal "Sejarah Perjuangan Ronggolawe", Ronggolawe hidup pada masa awal berdirinya Majapahit dan merupakan teman seperjuangan sang pangeran pendiri Majapahit Raden Wijaya.



Dalam kitab-kitab Majapahit, nama dan jasa Ronggolawe juga ditulis. Selain itu, Ronggolawe juga dikenal sebagai adipati yang sangat mengabdi pada Majapahit.

2. Berjasa Memperluas Ekspansi Majapahit



Perjuangan Ronggolawe yang paling terkenal adalah saat dia bersama kawan - kawannya membantu pendiri Majapahit menghalau musuh dan memperluas daerah kekuasaan Majapahit.

Senopati Nambi, Lembu Sora dan Ronggolawe mendampingi kekuatan Raden Wijaya yang diikuti oleh saudara mudanya Dyah Pamasi.

Perjuangan mereka sangat terkenal di Majapahit, membuat Raden Wijaya menganggap mereka sangat berjasa dalam memperkuat hegemoni Majapahit di Jawa Timur.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content