Farhat Abbas: Keterangan Saksi dan Ahli Membuktikan Ada Kekhilafan Hakim

Kamis, 01 Agustus 2024 - 16:09 WIB
Tim kuasa hukum Saka Tatal, Farhat Abbas menyatakan bahwa keterangan saksi dan ahli yang dihadirkan dalam sidang PK Saka Tatal membuktikan ada kekeliruan dalam putusan hakim. Foto/Tangkapan Layar
CIREBON - Tim kuasa hukum Saka Tatal , Farhat Abbas menyatakan, keterangan saksi dan ahli yang dihadirkan dalam sidang peninjauan kembali (PK) Saka Tatal telah berhasil membuktikan adanya kekeliruan dalam putusan hakim.

“Intinya dalam persidangan ini telah membuktikan adanya kekhilafan yang bisa dibuktikan dari beberapa saksi dan ahli yang kami hadirkan. Sampai ahli terakhir menyatakan bahwa ini ada kekhilafan yang nyata," ucap Farhat Abbas di Pengadilan Negeri (PN) Cirebon, Jawa Barat, Kamis (1/8/2024).

Farhat Abbas berharap, dengan selesainya seluruh rangkaian agenda acara di sidang PK Saka Tatal ini, bisa menjadi bahan pertimbangan hakim dalam mengambil putusannya nanti. “Mudah mudahan hakim di Mahkamah Agung dapat mendengarkan apa yang kami utarakan dalam persidangan kali ini,” ujarnya.



Sebab menurut dia, jika nantinya hakim masih berpanduan kepada berita acara pemeriksaan (BAP) dari penyidik, maka hal itu akan menghalangi terbukanya jalan kebenaran. “Ketika hakim tetap berpaduan pada BAP tanpa mempertimbangkan kesaksian di pengadilan ya itu merupakan satu hal yang mendasar, menghalangi kebenaran,” tegasnya.

"Karena itu, ketika ahli berbicara seperti itu membuat jaksa seperti baru belajar kembali dan di sini kita melihat bahwa kalimat dari hakim bahwa apa pun baik penegak hukum yang melakukan kesalahan maka pertanggungjawabannya pada Tuhan," tambahnya.

Farhat Abbas menegaskan bahwa perjuangannya ini bukan untuk mengalihkan perkara dari kasus pembunuhan menjadi kecelakaan. Hanya saja, pihaknya berjuang untuk mengembalikan kasus perkara ini kepada posisi yang sebenarnya.

"Kita tidak pernah berhenti untuk terus berjuang dan bukan untuk mengalihkan dari perkara pembunuhan dan pemerkosaan menuju kecelakaan, tapi mengembalikan ke posisi yang sebenarnya," tegasnya.



Farhat Abbas pun berharap, sidang kali ini bisa dimenangkan oleh Saka Tatal. “Kita berdoa semoga Saka Tatal mendapat rehabilitasi dan kita dimenangkan lagi,” tandasnya.
(wib)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content