7 Fakta Kerajaan Kutai Kartanegara, Salah Satunya Pernah Dikuasai Kerajaan Lain

Kamis, 01 Agustus 2024 - 15:01 WIB
Kerajaan Kutai Kartanegara dikenal sebagai salah satu kerajaan tertua yang ada di nusantara. Salah satu peninggalannya berupa Prasasti Yupa. Foto/Dok.Kebudayaan Kemendikbud
KERAJAAN Kutai Kartanegara dikenal sebagai salah satu kerajaan tertua yang ada di nusantara. Sejarah panjang yang dimiliki, membuat kerajaan Hindu satu ini memiliki sejumlah fakta menarik.

Kerajaan ini telah melalui berbagai gejolak, mulai dari masa kejayaan hingga pada akhirnya runtuh. Bukti dari Kerajaan Kutai Kertanegara pernah ada ditemukan melalui sejumlah peninggalan kerajaan berupa prasasti.

Fakta Kerajaan Kutai Kartanegara

1. Berdiri di Kalimantan Timur



Kerajaan Kutai memiliki akar sejarah yang sangat tua, bahkan sebelum abad ke-4 Masehi. Pada abad ke-4 Masehi, Kerajaan Kutai dikenal sebagai salah satu kerajaan tertua di wilayah Kalimantan Timur.



Menurut informasi yang didapat dari salah satu prasasti Kerajaan Kutai yang ditemukan, yakni Prasasti Yupa menjelaskan bahwa Raja Kudungga dikenal sebagai pendiri kerajaan Kutai.

2. Berdampingan dengan Kutai Martapura



Diketahui jika Kerajaan Kutai tidak hanya ada di Kartanegara namun juga Martapura. Menurut sejarah, Kerajaan Kutai Martapura memerintah berdampingan dengan Kutai Kartanegara.

Namun kedua kerajaan tersebut dikatakan pernah bersatu pada abad ke-16 ketika Kutai Kartanegara yang dipimpin Anum Panji Mendapa berhasil menaklukkan Maharaja Dharma Setia, penguasa Kutai Martadipura.

3. Raja Mulawarman Antarkan Kutai ke Masa Kejayaan

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content