Ibadah Haji Rampung, Begini Teknis Pemulangan Jemaah Haji Asal Jabar

Jum'at, 21 Juni 2024 - 13:00 WIB
Kemenag Jawa Barat menyiapkan teknis pemulangan jemaah haji asal Jabar seiring telah usainya puncak ibadah haji 2024. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
BANDUNG - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Barat menyiapkan teknis pemulangan jemaah haji asal Jabar seiring telah usainya puncak ibadah haji 2024.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Provinsi Jabar, Boy Hari Novian mengatakan, pihaknya akan melakukan rapat koordinasi bersama stakeholder terkait untuk membahas pemulangan jemaah haji asal Jabar.

”Kami akan melaksanakan rapat gabungan dengan seluruh stakeholder yang terlibat, baik dari migrasi, bea cukai, terus juga pihak bandara, baik bandara Soekarno Hatta maupun Kertajati,” ujar Boy, Jumat (21/6/2024).



Boy pun memaparkan terkait teknis pemulangan jemaah haji di Embarkasi Bekasi. Rencananya kata Boy, jemaah akan langsung diserahkan kepada pihak Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) daerah tanpa adanya acara seremonial.

Menurut Boy, jemaah haji tiba di Embarkasi Bekasi hanya untuk transit dan penerimaan air zamzam. Untuk di Embarkasi Bekasi, pihaknya akan menerima jemaah ditempatkan dulu di aula dan diserahkan kepada pihak PPIH daerah tanpa ada seremonial.

”Jadi jemaah hanya transit sebentar untuk menerima zam zam dan pemisahan koper langsung disegerakkan ke daerah masing-masing,” bebernya.





Sedangkan untuk di Embarkasi Kertajati, jemaah tidak kembali lagi ke Asrama Haji Indramayu, melainkan langsung diberangkatkan ke daerah masing-masing.

“Ketika selesai dari pemeriksaan imigrasi di Bandara Kertajati langsung diarahkan ke mobil atau bis-bis yang disiapkan oleh daerah dan langsung kami kirim ke daerah dimana proses pemberian zam zam sudah dilakukan sebelumnya,” jelasnya.

Boy mengimbau PPIH untuk tidak melakukan acara seremonial pemulangan jemaah haji.

”Itu juga kami menginstruksikan kepada teman-teman semua panitia PPIH baik di Bekasi maupun Indramayu ataupun Kertajati untuk tidak melakukan seremonial karena kira ingin cepat prosesnya selesai, jemaah bisa kembali berkumpul bersama keluarga,” tutupnya.
(ams)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content