Keraton Solo Gelar Doa Bersama 1 Suro, Tanpa Kirab Kerbau Bule Kiai Slamet

Kamis, 20 Agustus 2020 - 04:50 WIB
Lembaga Dewan Adat (LDA) Keraton Kasunanan Surakarta menggelar doa bersama guna menyambut datangnya Bulan Suro di Masjid Agung Surakarta pada Rabu malam (19/8/2020). Foto/Ist
SOLO - Lembaga Dewan Adat (LDA) Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat atau Keraton Solo menggelar acara selamatan berupa doa bersama guna menyambut datangnya Bulan Suro atau Muharam. Acara digelar di Masjid Agung Surakarta pada Rabu malam (19/8/2020).

Juru bicara Lembaga Dewan Adat (LDA) Keraton Kasunanan Surakarta Kanjeng Pangeran (KP) Eddy Wirabumi mengatakan, acara selamatan berupa doa bersama menerapkan protol kesehatan yang ketat. Jumlah orang yang terlibat dalam acara juga dibatasi dan acaranya digelar sebentar. "Kami memohon agar setahun yang telah lewat menjadi pelajaran dan setahun yang akan datang menjadi harapan," kata Edi Wirabumi, Rabu (19/8/2020). (Baca juga: Ada Tanda Kekerasan di Tubuh Babinsa yang Tewas dengan Tangan Terikat)

Salah satu yang dipanjatkan adalah Bangsa Indonesia segera terbebas dari wabah pandemi COVID-19. Termasuk obat terkait penyakit itu segera ditemukan dan Bangsa Indonesia bisa membuatnya sendiri. Pihaknya memohon maaf bagi masyarakat yang tidak bisa ikut serta ambil bagian. Meski demikian, masyarakat tetap bisa memanjatkan doa dalam menyambut datangnya bulan Suro dari rumah masing masing. (Baca juga: Janda 2 Anak Ini Jual Rumah Harta Gono Gini, yang Cocok Bisa Jadi Suami)

Dalam kegiatan doa bersama di Masjid Agung, terdapat tumpeng 1.000 yang disiapkan. Setelah didoakan, tumpeng 1.000 tersebut bisa dimakan bersama sama. Peserta acara selamatan dihadiri para sentono dengan undangan ketat. Jumlahnya sekitar 700 orang. (Baca juga: Bripda Pol Carolina, Polwan Cantik MC Utama HUT ke-75 RI di Istana Negara)

Doa bersama dimulai sekitar pukul 21.00 WIB dan berlangsung hanya sekitar 1 jam. Karena pandemi COVID-19, lanjutnya, Kirab Kerbau Bule Kiai Slamet yang biasa digelar Keraton Kasunanan Surakarta pada tahun ini ditiadakan. Demikian pula acara di Puro Mangkunegaran juga ditiadakan.
(shf)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More