Banjir Bandang Lahar Dingin Sumatera Barat, 3.198 Orang Mengungsi

Senin, 13 Mei 2024 - 16:47 WIB
Sebanyak 3.198 warga harus mengungsi akibat bencana banjir bandang lahar dingin yang menerjang Sumatera Barat. Foto/Rus Akbar
JAKARTA - Sebanyak 3.198 warga harus mengungsi akibat bencana banjir bandang lahar dingin yang menerjang 4 kabupaten di wilayah Sumatera Barat. Keempat wilayah yang terdampak, yaitu Kabupaten Agam, Padang Panjang, Padang Pariaman, dan Tanah Darat.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan, ribuan warga yang mengungsi itu dari Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar. “Jumlah pengungsi di Kabupaten Agam sebanyak 1.159 jiwa dan di Kabupaten Tanah Datar sebanyak 2.039 jiwa,” kata Abdul Muhari lewat keterangannya, Senin (13/5/2024).

Abdul Muhari menambahkan, korban meninggal akibat banjir bandang berjumlah 43 orang. Angka ini berdasarkan laporan termutakhir yang diterima oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Senin (13/5/2024) pukul 13.00 WIB.



Dia menambahkan, angka jumlah korban hari ini setelah tim pencarian dan pertolongan menemukan 5 warga warga Kabupaten Tanah Datar dan satu orang warga Padang Pariaman dalam keadaan meninggal dunia. Dari 6 jenazah yang ditemukan hari ini, empat diantaranya masih dalam proses identifikasi.

“Adapun rincian korban meninggal dunia per siang ini antara lain di Kabupaten Agam 19 orang, Kabupaten Tanah Datar 14 orang, Kabupaten Padang Pariaman 8 orang, Kabupaten Padang Panjang dua orang. Sementara itu, korban dalam pencarian sebanyak 15 orang,” jelasnya.
(wib)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content