7 Peninggalan Kerajaan Banten, dari Masjid hingga Keraton

Kamis, 11 Januari 2024 - 10:39 WIB
Masjid Agung Banten salah satu peninggalan Kerajaan Banten. Foto/Ist
Sedikitnya ada tujuh peninggalan Kerajaan Banten yang telah diketahui, mulai dari masjid, hingga keraton. Dari peninggalan ini seseorang dapat mengetahui bagaimana Kesultanan Banten berkembang di masa lalu.

Kerajaan Islam yang ada di Pulau Jawa ini secara resmi didirikan pada abad ke-16 oleh seorang pangeran dari Kerajaan Pajajaran yang bernama Maulana Hasanuddin.

Sayangnya karena munculnya ekspansi kolonial Belanda, kesultanan ini akhirnya mengalami keruntuhan. Meski sudah runtuh, terdapat beberapa peninggalan yang membuktikan bahwa salah satu kerajaan nusantara ini sempat berjaya di masa lalu.

7 Peninggalan Kerajaan Banten

1. Masjid Agung Banten

Masjid yang berada di Desa Banten, Kecamatan Kasemen, Kabupaten Serang, Banten, ini diketahui telah berdiri di sekitar tahun 1552-1570, pada masa pemerintahan Sultan Maulana Hasanudin.





Salah satu ciri khas dari masjid ini adalah menara setinggi 24 meter seperti mercusuar. Bangunan masjid ini merupakan akulturasi dari tiga budaya, yaitu Cina, Arab dan Eropa.

2. Kerkhof

Kerkhof adalah pemakaman yang dibuat untuk orang Eropa. Peninggalan Kerajaan Banten ini berada di Kampung Pamarican, Kelurahan Banten, Kecamatan Kasemen, Kota Serang.

Dari peninggalan ini menunjukkan usaha bangsa Eropa yang sangat ingin menguasai Banten. Terdapat puluhan makam dengan batu tinggi di area pemakaman ini.

3. Benteng Speelwijk

Benteng ini dibangun oleh Hendrick Lucaszoon Cardeel pada tahun 1681-1684. Nama Speelwijk digunakan sebagai bentuk penghormatan terhadap Gubernur Hindia Belanda.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More