Demokrat Apresiasi Kinerja Bareskrim dan Undang KPK dalam Gelar Perkara

Senin, 10 Agustus 2020 - 22:35 WIB
Anggota Komisi III DPR Hinca IP Pandjaitan (Partai Demokrat, Dapil Sumut III). Foto/SINDOnews/Dok
PEMATANGSIANTAR - Anggota Komisi III DPR Hinca IP Pandjaitan (Partai Demokrat, Dapil Sumut III) menegaskan, Dewan akan terus mengawal kasus penangkapan Djoko Tjandra yang dilakukan Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo.

"Tuntaskan. Tak hanya di Bareskrim Polri, tapi juga di Kejaksaan Agung," kata Sekjen Partai Demokrat ini dalam keterangan tertulisnya di Pematangsiantar, Sumatera Utara yang diterima Senin (10/8/2020).

Dikatakannya proses penegakan hukum kasus Djoko Tjandra di Bareskrim terus bergulir cepat. Hal ini terlihat setelah Bareskrim memeriksa Djoko Tjandra dirasa cukup dan langsung diserahkan ke Dirjen Lapas Kemenkumham. "Tak berselang lama Anita Kolopaking juga ditahan. Sebaliknya di Kejagung seolah tak ada gaungnya," ungkapnya. (BACA JUGA: Rudal Taiwan Lacak dan Usir Jet-jet Tempur China)



Ia mengaku nama-nama yang sudah muncul di publik dan sudah serta ditangani secara hukum oleh Bareskrim Polri merupakan harapan baru bagi masyarakat untuk memastikan akhir dari masalah ini dan menemukan pelaku yang terlibat dan diproses secara fair dan seturut hukum yang berlaku untuk memperbaiki wajah institusi Polri.



"Kita apresiasi dan kita menunggu hasilnya. Apalagi Kabareskrim secara terbuka mengumumkan mengundang KPK memberikan supervisi. Ini baik dan jika tidak sesuai dengan ketentuan Pasal 10 A UU Tipikor, KPK dapat mengambil alih," ujarnya.

Namun, kata Hinca, karena sudah ditangani dengan serius oleh Bareskrim Polri, peran KPK dalam kasus ini hanya supervisi saja sudah cukup.

Hal ini, masih dikatakan Hinca, di Kejaksaan Agung sama sekali belum menunjukkan tanda-tanda berbenah kecuali hukuman disiplin kepada Jaksa Pinangki Sirna Malasari. (BACA JUGA: Aduh, Duel Dahsyat Mike Tyson vs Roy Jones Jr. Terancam Ditunda!)

"Terlalu banyak dan basah jejak Jaksa Pinangki dalam kasus ini. Bahkan ditenggarai dia menjadi bagian utama dari inisiator melakukan pertemuan dengan buron Joker diluar negeri," pungkasnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More