Waspada! 4 Wilayah di Kalsel ini Rawan Terjadi Bencana Banjir, Longsor, dan Puting Beliung

Rabu, 22 November 2023 - 11:00 WIB
BPBD Kalsel petakan empat wilayah ini rawan terjadi bencana banjir, longsor, dan puting beliung. Foto/Ilustrasi
BANJARMASIN - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalimantan Selatan menyebutkan ada empat wilayah Kota dan Kabupaten rawan bencana banjir, putting beliung, dan longsor. Sebab, wilayah Indonesia masuk musim hujan.

Kepala BPBD Kaliamantan Selatan Raden Suria Fadliansyah mengatakan di musim penghujan empat wilayah ini rawan terjadi becana untuk itu perlu kesiapsiagaan untuk melakukan strategi penanganan dan memetakan daerah daerah rawan bencana.

”Hasil pemetaan kita empat wilayah itu berada di Kabupaten Banjar, Barito Kuala, Hulung Sungai Tengah, dan Hulu Sungai Utara,” kata Raden Suria, Rabu (22/11/2023).





Menurut dia, guna meminimalisir dampak bencana itu, BPBD Kalsel menyiapkan peralatan penanganan dampak bencana. Bahkan, pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak terkaitagar mendapat data terkini di lapangan.

Salah satunya antisipasinya tersebut yakni, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor sudah mengeluarkan surat edaran ke seluruh Kabupaten dan Kota di Kalsel tentang antisipasi dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana di musim penghujan.

Saat ini, kata dia, pemerintah pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah menyalurkan bantuan berupa 10 unit motor trail mofstrike senilai Rp1,6 miliar ke BPBD Kalsel, selain itu BNPB juga memberikan bantuan perahu karet dan mobil dapur umum.
(ams)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content