3 Pondok Pesantren yang Pernah Menjadi Korban Kekejaman PKI

Selasa, 26 September 2023 - 10:17 WIB
Partai Komunis Indonesia (PKI) pernah beberapa kali melakukan pemberontakan di Indonesia, termasuk menyasar kalangan ulama. Foto/Ist
JAKARTA - Sejarah mencatat bahwa Partai Komunis Indonesia ( PKI ) pernah beberapa kali melakukan pemberontakan di Indonesia. Di antaranya pemberontakan PKI Madiun 1948 hingga tragedi memilukan yang lebih dikenal sebagai G30S/PKI .

Saat meletusnya pemberontakan di Madiun, Jawa Timur tahun 1948, PKI menebar teror di masyarakat. Dari sekian targetnya, mereka juga menyasar kalangan ulama guna melancarkan aksinya.

Melihat sejarahnya, PKI memang memiliki perseteruan dengan partai politik Islam seperti Masyumi. Hal ini masih berlanjut bahkan ketika mereka melakukan pemberontakan dan pembantaian brutal.

PKI menetapkan target para ulama dengan menyerang berbagai pondok pesantren (ponpes) di kawasan Jawa Timur. Tercatat dalam penyerangan dan penculikan yang dilakukan, banyak korban berjatuhan dari kalangan ulama maupun para santrinya.





Dihimpun dari berbagai sumber, berikut beberapa pondok pesantren yang pernah menjadi korban kekejaman Partai Komunis Indonesia (PKI).

Pondok Pesantren yang Jadi Korban Kekejaman PKI



1. Ponpes Gontor



Pada 1948, Muso memproklamirkan negara Soviet Indonesia di Madiun. Dari sekian banyak kalangan yang menjadi target serangan, PKI menyasar pondok pesantren di beberapa wilayah sekitarnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More