Sejarah Kerajaan Tarumanegara: Asal-usul, Kejayaan, Keruntuhan, Peninggalan, hingga Daftar Raja

Senin, 25 September 2023 - 15:35 WIB
Keberadaan Kerajaan Tarumanegara telah muncul sejak abad ke-4. Foto/Istimewa/@august_projection
JAKARTA - Sejarah Kerajaan Tarumanegara menjadi topik pembahasan menarik untuk diulas. Dalam riwayatnya, kerajaan ini dulunya pernah menduduki wilayah di Pulau Jawa.

Melihat berbagai bukti sejarah, keberadaan Kerajaan Tarumanegara dikatakan telah muncul sejak abad ke-4. Hal ini membuatnya berstatus sebagai salah satu kerajaan bercorak Hindu tertua di Tanah Air.

Lebih jauh, berikut ulasan mengenai sejarah Kerajaan Tarumanegara, lengkap dari asal-usul, kejayaan, hingga daftar raja-rajanya.

Sejarah Kerajaan Tarumanegara



1. Asal-usul Kerajaan Tarumanegara





Berstatus sebagai salah satu kerajaan Hindu tertua yang pernah hadir di Indonesia, Tarumanegara konon disebutkan muncul setelah Kerajaan Kutai. Keberadaan kerajaan ini sudah hadir sejak abad ke-4.

Sejarah Tarumanegara tak bisa dilepaskan dari sosok Jayasingawarman. Maharesi asal India ini mendirikan sebuah kerajaan baru pada tahun 358 M.



Pada penamaannya, Tarumanegara diambil dari nama tanaman yang tumbuh subur di sekitar Sungai Citarum, yakni pohon Tarum. Sejak zaman dulu, tanaman ini telah digunakan masyarakat sebagai pewarna kain dan pengawet pakaian.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More