Warga 2 Desa Adat Gelar Upacara Suci, Ini Dukungan yang Diberikan Perindo

Jum'at, 08 September 2023 - 14:32 WIB
Ribuan warga dari Desa Adat Gegelang, dan Desa Adat Antiga, menggelar upacara Segara Kertih Pura Luhur Puncak Sari Bukit Cemeng di Pantai Mimba, Desa Padang Bai, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali. Foto/iNews TV/Yunda Ariesta
KARANGASEM - Partai Perindo memberikan dukungan dalam pelaksanaan upacara suci yang hanya digelar 200 tahun sekali di Pantai Mimba, Desa Padang Bai, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali. Upacara adat ini diikuti ribuan warga Desa Adat Gagelang, dan Desa Adat Antiga.



Satu unit mobil ngayah, dan ambulans disiagakan Partai Perindo, untuk memberikan dukungan kepada masyarakat yang tengah melaksanakan upacara adat. "Kita berikan dukungan penuh selama tiga hari, untuk kelancaran jalannya upacara adat tersebut," ujar kader Partai Perindo Bali, I Nyoman Widana.

Upacara Segara Kertih Pura Luhur Puncak Sari Bukit Cemeng tersebut, dilaksanakan 7-9 September 2023, dan diikuti oleh ribuan warga. Puncak dari upacara adat ini, dilaksanakan Jumat (8/9/2023) siang.



I Nyoman Widana mengatakan, dengan menyediakan mobil ngayah dan ambulans Partai Perindo, diharapkan warga yang membutuhkan bantuan dapat tertangani dengan baik. Termasuk bantuan kesehatan dan kedaruratan, sehingga u pacara adat tersebut dapat berjalan lancar.



Ketua Satu Bidang Parahyangan dan Upacara, Nengah Jimat menyebutkan, dalam upacara puncak Karya Segara Kertih dilakukan berbagai prosesi, salah satunya mempersembahkan berbagai hewan. "Diharapkan, melalui upacara ini kesucian alam semesta dapat terjaga, sehingga manusia dapat terhindar dari marabahaya," tuturnya.
(eyt)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content