Kisah Cinta Tunggul Ametung dan Ken Dedes yang Berujung Kawin Paksa

Sabtu, 26 Agustus 2023 - 06:23 WIB
Penampakan kecantian Ken Dedes versi AI. Foto/Istimewa/AI Nusantara
Pendirian Kerajaan Tumapel tak bisa dilepaskan dari tiga tokoh penting di dalamnya, yakni Tunggul Ametung, Ken Dedes, dan Ken Arok. Dikisahkan, Tunggul Ametung yang terpesona dengan pesona Ken Dedes akhirnya menculiknya dari Desa Panawijan.

Ken Dedes dibawa ke Tumapel dan dijadikan permaisuri di istana Tunggul Ametung. Kemudian datang Ken Arok yang ingin merebut Ken Dedes karena dipercaya kelak akan melahirkan raja-raja di Pulau Jawa.

Ken Arok akhirnya membunuh Tunggul Ametung dibantu Ken Dedes. Dikisahkan, Ken Dedes merupakan perempuan cantik jelita di masa Kerajaan Kediri di bawah pemerintahan Kertajaya.



Kecantikan putri dari Mpu Purwa ini konon begitu tersohor hingga negeri seberang kala itu. Hal ini membuat Tunggul Ametung sang penguasa begitu berhasrat menikahinya.

Hasratnya itu tak terbendung saat Tunggul Ametung bertemu dengan Ken Dedes, meski di lain sisi Ken Dedes tak ada niatan sedikit pun untuk menerima ajakan menikah sang penguasa Tumapel ini.

Namun, Ken Dedes terpaksa menikahi Tunggul Ametung, karena mempunyai kekuasaan dan bertahta di Tumapel, salah satu daerah kekuasaan Kerajaan Kediri.

Di sisi lain Ken Dedes tak bisa menolak ajakan menikah dari Tunggul Ametung karena tak mempunyai kekuatan.



Pada buku “Hitam Putih Ken Arok dari Kejayaan hingga Keruntuhan” dari Muhammad Syamsuddin, Ken Dedes merasa muak dan jijik dengan pernikahannya dengan penguasa Tumapel kala itu.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content