5 Fakta Kabupaten Banyumas, Mendunia berkat Bahasa Ngapak

Rabu, 16 Agustus 2023 - 12:10 WIB
Kabupaten Banyumas terkenal dengan Bahasa Jawa Ngapak. Foto/BBPMP Jateng
JAKARTA - Banyumas adalah salah satu kabupaten yang berada di Jawa Tengah . Wilayah ini berbatasan dengan Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara, Cilacap, dan Kebumen.

Kabupaten seluas 1.327,60 km2 ini menyimpan berbagai fakta menarik, mulai dari asal-usul namanya, budaya yang berkembang di tengah masyarakat, dan kuliner khas yang cukup populer.

Dilansir dari berbagai sumber, SINDOnews telah merangkum beberapa fakta tentang Banyumas.

Fakta Kabupaten Banyumas

1. Asal Usul Nama Banyumas



Banyumas berasal dari dua suku kata, yakni banyu yang artinya "air", dan mas berarti "emas". Nama tersebut awalnya dipercaya diberikan oleh seorang pemuda Roma yang mengembara.



Kala itu pemuda Roma tersebut menyaksikan para penduduk yang sedang mengantri di sebuah sumber mata air karena musim kemarau. Saat itu para penduduk mengatakan "rega banyu kaya emas" (harga air seperti emas). Dari situlah wilayah itu diberi nama Banyumas.

2. Banyumas Dulu Bagian dari Kadipaten Wirasaba



Dilansir dari akun YouTube Ada Wong Ndeso, Eyang Gito menceritakan tentang Babad Banyumas dan kisah pohon tembaga sebagai asal usul berdirinya Kadipaten Banyumas kala itu. Dia bercerita bahwa wilayah Banyumas dulunya merupakan bagian dari Kadipaten Wirasaba (terletak di Purbalingga).

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More