Kisah Matah Ati, Panglima Pasukan Khusus Wanita Mangkunegaran yang Hancurkan Belanda

Minggu, 30 Juli 2023 - 08:32 WIB

Siapa Matah Ati, Panglima Pasukan Estri?



Kehebatan pasukan estri Mangkunegaran, tak lepas dari peran Pangeran Sambernyawa yang membentuknya. Dikisahkan dalam puromangkunegaran.com, Pengaren Sambernyawa mewarisi Sultan Agung, dalam membentuk pasukan khusus wanita tersebut.

Pasukan khusus wanita tersebut, dijelaskan dalam puromangkunegaran.com, dibentuk dari para perempuan desa yang dilatih keprajuritan oleh Pangeran Sambernyawa. Pasukan khusus wanita ini, memiliki panglima seorang wanita yang sangat tangguh dan pemberani, bernama Matah Ati.

Matah Ati adalah istri Pangeran Sambernyawa. Dalam perjuangan melawan kolonial Belanda, Matah Ati begitu setia menemani Pangeran Sambernyawa di tengah medan perang yang begitu mematikan. Matah Ati dikenang sebagai panglima pasukan estri yang sangat tangguh, dan pemberani.

Pasukan Estri Berisikan Prajurit Mematikan yang Memiliki Kelembutan



Memiliki suara merdu saat menyanyikan tembang-tembang Jawa, dan kelenturan tubuh saat menari dengan iringan gamelan klasik. Para anggota Pasukan Estri ternyata sangat tangkas dalam berperang. Mereka ahli menggunakan berbagai senjata, dan sangat mematikan saat berada di medan perang.

Pasukan khusus beranggotakan para wanita tersebut, dipimpin Matah Ati sebagai panglimanya. Pasukan estri ini, merupakan prajurit setia yang mengawal Pangeran Sambernyawa saat berada di medan perang menghadapi pasukan Kompeni Belanda, hingga saat Pangeran Sambernyawa memimpin Praja Mangkunegaran, dengan gelar KGPAA Mangkunegara I.

Keberadaan pasukan estri tersebut, tentunya menjadi terobosan di tengah tradisi Jawa, yang biasa menempatkan wanita sebagai konco wingking, yakni sebagai pengurus rumah tangga untuk melayani suami dan keperluan dapur.



Melalui pembentukan pasukan estri, para wanita tersebut dengan penuh keberanian tampil di garis depan pertempuran. Tak hanya piwai bertempur di medan laga, dengan segala kemampuan menggunakan senjata serta ilmu kanuragan. Prajurit pasukan estri, juga mampu berkesenian dan mengurus pekerjaan rumah.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More