Sejarah dan Asal Usul Nama Kota Yogyakarta, Berawal dari Perjanjian Giyanti

Kamis, 22 Juni 2023 - 17:00 WIB
Kota Yogyakarta atau yang biasa dikenal dengan sebutan Jogja merupakan Ibu Kota Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Foto DOK SINDOnews
JAKARTA - Kota Yogyakarta atau yang biasa dikenal dengan sebutan Jogja merupakan Ibu Kota Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kota tersebut sekaligus menjadi pusat pemerintahan dan perekonomian wilayah.

Kota yang terletak di daerah istimewa ini memang terkenal akan sejarahnya. Salah satu sejarah yang paling dikenang di Kota ini adalah ketika terpilihnya Yogyakarta sebagai Ibu Kota Negara Indonesia pada tahun 1949.

Selain sejarah panjang, nama Yogyakarta rupanya juga memiliki asal-usulnya tersendiri. Sama halnya seperti daerah-daerah lain di Indonesia.



Asal Usul Nama Kota Yogyakarta

Menurut Babad Gianti, Yogyakarta atau Ngayogyakarta adalah nama yang diberikan Paku Buwono II (raja Mataram tahun 1719-1727) sebagai pengganti nama pesanggrahan Gartitawati.



Dilansir dari laman resmi Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah DIY, Yogyakarta berarti Yogya yang kerta, atau Yogya yang makmur.

Sedangkan Ngayogyakarta Hadiningrat berarti Yogya yang makmur dan yang paling utama. Sumber lain mengatakan, nama Yogyakarta diambil dari nama (ibu) kota Sanskrit Ayodhya dalam epos Ramayana.

Sejarah Kota Yogyakarta

Berdirinya Kota Yogyakarta tak lepas dari Perjanjian Giyanti pada Tanggal 13 Februari 1755 yang ditandatangani Gubernur Nicholas Hartingh atas nama Gubernur Jenderal Jacob Mossel dari Belanda.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More