7 Kampung Unik di Indonesia, Ada Penghuni Bermata Biru

Selasa, 09 Mei 2023 - 17:32 WIB
Terdapat sejumlah kampung unik yang ada di Indonesia. Foto DOK ist
JAKARTA - Terdapat sejumlah kampung unik yang ada di Indonesia. Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki keragaman budaya yang membentuk keunikan kampung tersebut.

Hal unik yang ada di dalam kampung tersebut biasanya terjadi secara turun-temurun dan masing terjaga keasliannya hingga generasi berikutnya. Namun dalam perkembangannya, terdapat beberapa desa unik yang sengaja dibentuk.



Berikut tujuh kampung unik yang ada di Indonesia dengan memperlihatkan keanekaragamannya: (H2)

1. Kampung Inggris Pare

Kampung Inggris menjadi salah satu kampung unik di Indonesia karena memiliki ciri khas tersendiri, yakni digunakan sebagai tempat untuk kursus bahasa asing terutama bahasa Inggris.



Tersohornya kampung ini didapat dari hasil kerja keras Kalend Osen dan sang guru Kiai Yazid yang mahir dalam bahasa asing. Karena kualitasnya, kampung ini pun kerap menjadi tempat menempuh ilmu para murid maupun mahasiswa di masa libur sekolah.

2. Kampung Teletubbies, Yogyakarta

Kampung Teletubbies, Yogyakarta memiliki keunikan tersendiri lantaran bentuk bangunannya yang menyerupai kartun anak-anak tersebut. Dibangunnya kampung ini dianggap bisa menjadi warna baru setelah hancur akibat gempa pada 27 Mei 2006.

Namun dalam perkembangannya, karena warga desanya menjadi tunawisma, LSM Wango (World Association of Non-Governmental Organizations) pun melakukan uji pembuatan rumah dome untuk relokasi warga Ngelepen.

Relokasi tersebut berupa perubahan fungsi bangunan rumah menjadi keperluan umum seperti MCK, mushola, dan klinik di area seluas dua hektar.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More