4 Fakta Unik Kampung Belanda di Garut

Senin, 08 Mei 2023 - 18:25 WIB
loading...
4 Fakta Unik Kampung Belanda di Garut
Kampung Belanda di Garut, Jawa Barat merupakan destinasi wisata yang menarik di Indonesia. Seperti namanya, kampung ini dihuni oleh warga keturunan Belanda. Foto/Ist
A A A
KAMPUNG Belanda di Garut, Jawa Barat merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik di Indonesia. Seperti namanya, kampung ini dihuni oleh warga keturunan Belanda yang sudah bermukim di sana sejak lama. Ingin tahu lebih banyak tentang kampung ini?

Berikut beberapa fakta menarik yang harus Anda ketahui

1. Jadi Destinasi

Wisata Kampung Belanda di Garut menjadi destinasi wisata yang menarik karena keunikan dan keindahan alamnya. Banyak pengunjung yang datang untuk menikmati suasana pedesaan yang sejuk dan udara yang segar. Selain itu, pengunjung juga bisa menemukan berbagai peninggalan kehidupan Belanda yang masih ada di sana, seperti rumah-rumah lawas dan saluran air.



Selain menikmati keindahan alam dan suasana historis yang unik, pengunjung juga bisa berswafoto di beberapa objek wisata yang ada di kampung ini, seperti balai pohon dan balai menyerupai perahu.

2. Berkemah hingga Trekking

Berkunjung ke Kampung Belanda tidak hanya menikmati keindahan alam namun juga dapat melakukan berbagai aktivitas menyenangkan. Mulai dari berkemah, hiking, hingga trekking. Keindahan alam kampung ini memang sangat memukau, sehingga Anda bisa menikmati wisata alam dengan budget minim tetapi memuaskan.

3. Rumah Peninggalan Belanda

Di Kampung Belanda, pengunjung bisa menemukan sejumlah rumah dengan bangunan lawas yang masih terawat dengan baik. Beberapa rumah tersebut telah berdiri sejak tahun 1913-an dan masih terlihat menarik.


Meskipun sebagian besar rumah belum direnovasi, warga tetap menjaga keaslian bangunan dengan baik. Rumah-rumah tersebut dicat dan dihiasi dengan tanaman di halaman rumah, sehingga terlihat indah dan menarik.

4. Saluran Air Zaman Belanda

Terdapat saluran air sepanjang 300 meter yang menjadi bukti sejarah peninggalan Belanda di kampung ini. Saluran air tersebut masih berfungsi untuk pengairan kebun dan pasokan air ke rumah warga. Meskipun sudah berusia puluhan tahun, saluran air tersebut masih dalam kondisi baik dan berfungsi dengan baik.

Kampung Belanda yang terletak di kawasan Perkebunan Teh Dayeuh Manggung mudah dicapai. Berjarak sekitar 19 kilometer dari pusat Kota Garut dengan waktu tempuh sekitar 45 menit dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Ingin merasakan sensasi berbeda dalam liburan Anda? Kunjungi Kampung Belanda di Garut dan nikmati keindahan alam serta suasana historis yang unik. Terlebih, tempat wisata ini bisa dinikmati dengan budget minim namun memuaskan. Jangan lupa bawa kamera Anda dan ambil foto-foto indah di kampung ini!
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1173 seconds (0.1#10.140)