Karomah Sunan Gunung Jati Mampu Sembuhkan Penyakit Putri Raja China hingga Jadi Istrinya

Minggu, 02 April 2023 - 07:14 WIB
Ajaibnya konon berkat karomah Sunan Gunung Jati perut sang putri raja bernama Anyon Tin, menjadi pulih kembali seperti sediakala. Busungnya kembali menjadi kain lebar yang segera dilepaskan, dan Syekh Maulana pun menerima sang putri, yang bermaksud akan berbakti kepadanya.

Sejak saat itu sang putri ditanggung dunia akhiratnya oleh Syekh Maulana. Walaupun putri itu tidak dinikahi akan tetapi hukumnya halal sebagai seorang abdi wanita. Hukumnya sah untuk melayani Maulana Jati dan ditanggung lahir batinnya.

Sedangkan pengawal yang bersamanya, ketika datang menghadap Wali dia terpesona memandang Wali yang cahayanya bagaikan bulan purnama menerangi alam sejagat. Tidak lama kemudian dia jatuh sakit dan akhirnya meninggal dan dimakamkan di Kedawung. Sang putri sudah tetap hatinya akan membaktikan hidup matinya ke Sunan Gunung Jati.

Putri Cina itu pun akhirnya dipersunting oleh Sunan Gunung Jati. Dari pernikahannya dengan Anyon Tin, Sunan Gunung Jati tidak memperoleh keturunan. Putri Anyon Tin tidak lama usianya, hanya setahun lebih dua puluh lima hari berada di Gunung Jati, sang puteri lalu meninggal di hadapan Syekh Maulana.

Jenazahnya atas kehendak Syekh Maulana dimakamkan di Dalem Pura, sebagai penghargaan atas sifat sang putri yang sangat berbakti kepadanya. Oleh karena cintanya kepada putri ini pula maka Syekh Maulana kelak bilamana disempurnakan ingin dimakamkan di tempat ini, beserta anak cucunya. Mengikuti Rasulallah yang dimakamkan di Madinah tidak jauh dari makam putrinya.
(msd)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More