5 Tradisi Unik Bulan Ramadan di Indonesia, Dari Dugderan hingga Meugang

Selasa, 28 Maret 2023 - 19:17 WIB

3. Tradisi Dugderan di Semarang

Tradisi Dugderan yang berasal dari kata “Dug” dan “Der”. Nama ini merujuk pada bunyi beduk dan dentuman meriam yang mendominasi dalam perayaan datangnya Ramadan ini.

Tradisi ini biasanya digelar dua pekan sebelum bulan Ramadan, dan sudah menjadi semacam pesta rakyat menyambut datangnya bulan suci.

4. Tradisi Meugang di Aceh

Meugang merupakan sebuah tradisi yang dilaksanakan oleh masyarakat Aceh. Mereka akan memasak daging satu hari sebelum buka puasa Ramadan lalu dimakan bersama dengan keluarga.

Selain keluarga, mereka juga akan mengundang masyarakat yang kurang mampu untuk menyantapnya bersama. Daging yang masyarakat Aceh masak adalah daging sapi, kambing, sampai kerbau. Tradisi Meugang adalah tradisi yang ditinggalkan oleh Sultan Iskandar Muda.

5. Tradisi Malamang di Sumatera Barat

Masyarakat Minangkabau terbiasa melakukan tradisi Malamang saat berada di bulan suci Ramadan. Malamang merupakan tradisi yang dirayakan dengan cara membuat lemang secara bersama-sama.

Setelah matang, lemang akan dihidangkan di malam hari saat syukuran mandoa atau berdoa atas datangnya bulan Ramadan yang penuh berkah.
(bim)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More