Tim Ahli Konstruksi Ungkap Penyebab Robohnya Kubah Masjid Ittifaqul Jamaah di Makassar

Selasa, 28 Maret 2023 - 12:38 WIB
Penyebab kubah Masjid Ittifaqul Jamaah di Kota Makassar roboh mulai terkuak setelah sejumlah ahli konstruksi melakukan pemeriksaan struktur bangun masjid. Foto/iNews TV/Leo Muhammad Nur
MAKASSAR - Penyebab kubah Masjid Ittifaqul Jamaah di Kota Makassar roboh mulai terkuak. Terungkapnya penyebab robohnya masjid tersebut setelah sejumlah ahli konstruksi melakukan pemeriksaan struktur bangun masjid.



Sejumlah ahli konstruksi melakukan pemeriksaan struktur bangun Masjid Ittifaqul Jamaah di Kota Makassar yang roboh. Foto/iNews TV/Leo Muhammad Nur

Selain ahli konstruksi pemerintah, tim ahli dari Universitas Negeri Makassar (UNM) juga melakukan penelitian dan turun ke lokasi.





Tim menguji kelayakan bangunan serta mencari penyebab runtuhnya kubah Masjid Ittifaqul Jamaah yang berada di Jalan Barukang Dua, Kelurahan Pattingalloang, Kecamatan Ujung Tanah, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, diketahui selain faktor usia sudah lama juga diduga karena korosi, kelebihan beban. Selain itu lokasi masjid yang berada di wilayah pesisir laut menjadi faktor utama kubah roboh.

Roboh kubah masjid pada Minggu 26 Maret 2023 malam menyebabkan 12 orang luka luka.

Saat diperiksa, besi penyangga kubah ditemukan banyaknya karatan. Tim ahli juga menemukan banyaknya korosi pada sisa batu campuran semen dari kubah tersebut.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More