Foto Tentara Belanda Eksekusi 6 Pejuang Indonesia Berlokasi di Bandung

Sabtu, 17 Oktober 2015 - 15:44 WIB
Foto Tentara Belanda Eksekusi 6 Pejuang Indonesia Berlokasi di Bandung
Foto Tentara Belanda Eksekusi 6 Pejuang Indonesia Berlokasi di Bandung
A A A
JAKARTA - Sebuah foto terbaru yang dirilis media Belanda, de Volkskrant, pada hari Jumat (16/10/2015), menunjukkan kekejaman tentara Belanda di masa lalu yang mengeksekusi enam pejuang Indonesia di sebuah parit. Sejarawan foto, Louis Zweers, percaya foto eksekusi itu diambi di sebuah lokasi di Bandung.

Foto itu, kata Zweers, diambil pada musim semi tahun 1946. Foto terbaru itu bagian dari total 179 foto dan slides yang sebelumnya tidak pernah dipublikasikan di media mana pun. (Baca: Ditemukan Foto Kejam Tentara Belanda Eksekusi 6 Pejuang Indonesia)

Foto tersebut ditemukan di ruang penyimpan barang berharga di sebuah bangunan bekas bank di Gouda, kota di Belanda tengah. Bangunan itu kini menjadi gedung Museum Perlawanan di Provinsi Zuid-Holland.

“Itu adalah kekacauan,” kata Zweers kepada NPO Radio 1. ”Ada tentara Inggris, unit KNIL dan pemuda Indonesia yang mengobarkan perang gerilya, dengan banyak warga sipil tak bersenjata Hindia Belanda dibunuh,” lanjut dia.

Namun, sejarawan itu tidak yakin jika eksekusi dilakukan langsung oleh tentara Belanda. ”Tidak ada tentara Belanda yang hadir. Mereka datang jauh hari kemudian. Ini adalah tentara kolonial, dengan perwira Hindia Belanda dan pasukan pribumi, di bawah komando Belanda. Dari hari-hari awal perjuangan kemerdekaan sangat banyak tidak jelas,” ujarnya.

Foto eksekusi itu secara tak sengaja ditemukan Joost Lamboo, orang yang bertanggung jawab atas foto-foto koleksi Museum Perlawanan. (Baca juga: Foto Eksekusi 6 Pejuang Indonesia oleh Tentara Belanda Patut Diselidiki)

”Semua foto ini langsung mengingatkan saya pada foto-foto eksekusi yang pernah diumumkan oleh harian de Volkskrant pada bulan Juli 2012. Pria-pria yang dieksekusi berdiri di pinggir parit yang dangkal. Foto-foto ini dibuat dari jarak yang sangat dekat dan itu luar biasa. Dua dari enam pria (Indonesia) itu sebenarnya gampang sekali diidentifikasi siapa mereka,” kata Lamboo.

Media Belanda itu melaporkan, di antara koleksi foto yang ada, terdapat juga foto desa yang dibakar habis, aksi pembersihan, dan interogasi terhadap orang-orang Indonesia yang ditelanjangi.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3589 seconds (0.1#10.140)