Separuh Pengguna Internet di Indonesia Tak Menyadari Pentingnya Keamanan Data Pribadi

Minggu, 12 Maret 2023 - 21:53 WIB
"Biasakan melakukan aktivasi Two Factor Authentication (2FA), miliki email lebih dari satu, hati-hati dalam memberi izin akses aplikasi, jangan posting informasi di media sosial, dan rutin membersihkan cookies," bebernya.

Hal yang sama disampaikan Azmy Zen, entrepreneur sekaligus kreator konten. Zen menjelaskan pentingnya pemahaman terhadap rekam jejak digital. Rekam jejak digital, kata Zen, merupakan segala rekam jejak data seseorang saat orang tersebut berselancar dan menggunakan internet.

”Secara tidak sadar, terkadang pengguna internet meninggalkan jejak digital. Padahal, hal itu bisa menjadi pintu masuk terhadap kejahatan digital. Ingat, identitas digital itu sama dengan identitas dunia nyata,” jelas Azmy.

Sementara itu, menurut Pembina Komunitas Film Pramuka (KFP) Habibie Yukezain, penyalahgunaan data pribadi erat kaitannya dengan aktivitas pengisian data secara online. ”Misalnya dalam kasus pinjaman online (pinjol), transportasi online, pengisian data transaksi keuangan secara online,” ungkapnya.

Beberapa cara menghindari penyalahgunaan data pribadi, lanjut Habibie, antara lain perhatikan izin aplikasi, selalu unduh di penyedia resmi. "Gunakan password yang tidak tertebak, lakukan pembaruan perangkat lunak, hindari penyalahgunaan data pribadi dengan VPN, dan pastikan aplikasi yang digunakan memiliki metode verifikasi yang jelas," ujarnya.
(don)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More