Separuh Pengguna Internet di Indonesia Tak Menyadari Pentingnya Keamanan Data Pribadi

Minggu, 12 Maret 2023 - 21:53 WIB
Survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), menunjukkan bahwa pengguna internet di Indonesia mencapai 215,63 juta orang pada periode 2022-2023. Foto ist
CILEGON - Survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), menunjukkan bahwa pengguna internet di Indonesia mencapai 215,63 juta orang pada periode 2022-2023. Namun, separuh dari jumlah itu tidak menyadari pentingnya keamanan data pribadi.

”Hampir separuh pengguna internet di Indonesia tidak menyadari pentingnya keamanan data pribadi dalam aktivitas digital,” ujar Kepala Dinas Kominfo Provinsi Banten Didi Hadiyatna, pada diskusi literasi digital untuk komunitas digital Kota Cilegon, Banten, Minggu (12/3/2023).

Didi menyebutkan, sebanyak 46,5 persen responden tidak tahu dan tidak menyadari aktivitas daring, seperti browsing, belanja, dan aktivitas di media sosial lainnya.



Sebanyak 67,9 persen responden mengaku tidak pernah mengganti kata sandi di akun digitalnya, 22,4 persen responden tidak membaca syarat dan ketentuan terkait keamanan data saat mengisi data pribadi di sistem atau aplikasi digital.



"Sedangkan, 59 persen responden tidak pernah mengecek keamanan aplikasi yang ada di ponselnya,” kata Didi dalam diskusi bertajuk'Jaga Data Pribadi Agar Diri Aman di Ruang Digital' yang digelar Kemenkominfo.

Data pribadi, sambung Didi, dibedakan menjadi dua. Ada yang bersifat khusus (spesifik), dan ada juga yang bersifat umum. Yang spesifik, misalnya data dan informasi kesehatan, data biometrik, genetika, catatan kejahatan, data anak, keuangan pribadi, dan lainnya sesuai ketentuan.

”Adapun yang bersifat umum, seperti nama, jenis kelamin, agama, kewarganegaraan, dan data pribadi yang dikombinasikan untuk mengidentifikasi seseorang,” jelasnya.

Didi menekankan pentingnya melindungi data pribadi. Menurutnya, ada beberapa langkah perlindungan data pribadi agar terhindar dari penipuan dan kejahatan digital. Antara lain dengan membuat password dan PIN sekuat mungkin.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More