Sambut Peziarah, TPU Dibersihkan

Senin, 11 Mei 2015 - 10:18 WIB
Sambut Peziarah, TPU Dibersihkan
Sambut Peziarah, TPU Dibersihkan
A A A
MEDAN - Sekitar lima pekan menjelang Ramadan, lokasi perkuburan mulai menjadi perhatian warga. Untuk menyambut datangnya para peziarah, pihak kecamatan gotong royong membersihkan TPU Avros .

Pramuka Perkemahan Wirakarya Kota Medan tahun 2015 dan Kecamatan Medan Polonia melakukan kegiatan gotong royong dengan membersihkan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Avros di Jalan Avros, Medan Polonia, Jumat (8/5). Sekretaris Camat Medan Polonia, Hidayat, yang juga Ketua Kwartis Ranting (Ka Kwarran) Medan Polonia, menjelaskan, pelaksanaan gotong royong dilakukan di kawasan pemakaman mengingat tidak lama lagi Ramadan akan datang.

Pastinya umat Muslim akan melakukan ziarah kubur. Sebagai anggota pramuka tentu dituntut melakukan kegiatan sosial seperti gotong royong guna meningkatkan kepedulian terhadap umat. “Sesuai program Pemko Medan yang terus membudayakan kebersihan lingkungan dan gotong royong, kami mengajak adik-adik pramuka untuk bergotong royong di sejumlah pemakaman di Medan. Salah satunya TPU Avros yang berada di perbatasan Polonia dan Maimun,” kata Hidayat kepada KORAN SINDO MEDAN, kemarin.

Dalam pembersihan makam tersebut, pihaknya mengerahkan semua anggota pramuka. Sedikitnya 150 anggota pramuka dari 51 gudep se-Kota Medan ikut dalam kegiatan bersih- bersih tersebut. Pihak kecamatan sendiri memfasilitasi kebutuhan dalam kegiatan tersebut. Dengan saling bahumembahu tidak disadari kalau kawasan pemakaman sudah bersih dari rumput-rumput yang selama ini tumbuh liar tersebut.

Gotong royong tersebut juga sebagai ajang kampanye tentang kecintaan masyarakat terhadap lingkungan dengan aktif membersihkan lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan. Pasalnya, sesuai program Pemko Medan Bersih, Hijau, Asri, dan Sehat (Berhias), kebersihan akan terlaksana dengan adanya partisipasi masyarakat. “Di sini kami juga mengingatkan warga untuk ikut menjaga kebersihan lingkungan. Jika lingkungan bersih, kita sendiri yang menikmati manfaatnya,” ujarnya.

Doni, salah satu warga sekitar mengapresiasi adanya kegiatan pembersihan TPU Avros. Dengan bersihnya lingkungan pemakaman, tentu warga yang ingin berziarah menjelang Ramadan ini merasa nyaman. “Mungkin nanti kita ziarah tinggal bawa bunga sama air saja kalau pemakaman sudah bersih,” katanya.

Irwan siregar
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5033 seconds (0.1#10.140)