Bupati Purwakarta Usulkan Een Sukaesih Jadi Pahlawan Nasional

Senin, 11 Mei 2015 - 09:50 WIB
Bupati Purwakarta Usulkan Een Sukaesih Jadi Pahlawan Nasional
Bupati Purwakarta Usulkan Een Sukaesih Jadi Pahlawan Nasional
A A A
PURWAKARTA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta mengusulkan Een Sukaesih menjadi pahlawan nasional, karena pengabdiannya dalam dunia pendidikan.

"Ibu Een merupakan guru inspiratif. Jasa-jasanya tak lekang di makan waktu," kata Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, kepada wartawan, Senin (11/5/2015).

Perjuangan wanita asal Dusun Batu Karut, RT 01/06, Desa Cibereum Wetan, Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang, yang meninggal pada 12 Desember 2014 ini dinilai sangat luar biasa.

Meski memiliki keterbatasan fisik, sarjana lulusan IKIP Bandung itu tidak berpangku tangan. Sebaliknya, keterbatasan itu pula yang memicu semangatnya untuk terus menularkan dan mengamalkan ilmunya.

Apalagi, setelah penyakit rheumatoid arthritis menyerang tubuhnya. Praktis, selama 27 tahun terakhir semasa hidupnya dihabiskan di atas pembaringan.

"Di tengah-tengah keterbatasan fisiknya, beliau sangat aktif mengajar. Karena itu, untuk membalas jasanya, sudah selayaknya almarhumah mendapat gelar pahlawan. Apalagi, Bu Een ini sudah menjadi tokoh penting di Jawa Barat," terangnya.

Bupati yang akrab disapa Kang Dedi ini melanjutkan, sosok almarhumah yang lahir pada 10 Agustus 1963 itu tidak ada duanya. Dia mengajar dengan rasa kepada muridnya. Sehingga, pendidikan menjadi jauh lebih bernilai.

"Nilai yang dimaksud bukan angka-angka dalam buku rapot. Karena mengajarkan dengan rasa. Sehingga, muridnya memiliki rumasa," jelas Kang Dedi.

Lebih lanjut, Kang Dedi menyatakan, pelajaran yang diberikan Bu Een kepada muridnya sangat indah. Sebab, Bu Een mengajar dengan naluri-naluri keibuan yang mengedepankan rasa kasih sayang.

"Karenanya, murid-muridnya senang belajar pada Bu Een. Pengabdian Bu Een ini harus jadi inspirasi dan spirit dalam dunia pendidikan," pungkasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7981 seconds (0.1#10.140)