Penjarah Batu Jasper Akan Ditindak Tegas

Minggu, 10 Mei 2015 - 10:31 WIB
Penjarah Batu Jasper...
Penjarah Batu Jasper Akan Ditindak Tegas
A A A
TASIKMALAYA - Kepala Dinas Pertambangan Pemkab Tasikmalaya Wawan R Effendi menuturkan, ancaman hukuman ba gi siapa pun yang mencuri batu jasper di Desa Cibuniasih, Kecamatan Pancatengah, Kabupaten Tasikmalaya.

“Karena aturannya sudah jelas dan kawasan itu di rencanakan jadi geopark.Kami akan tindak tegas siapapun tangan jahil yang hendak mengambil jasper,” kata Wawan kepada KORAN SINDO kemarin. Saat ini, bongkahan batu jasper aneka warna di Desa Cibuniasih dijaga ketat oleh warga Buniasih.

Mereka khawatir, demam batu akik saat ini men dorong orang-orang tak bertanggungjawab melakukan penjarahan. Tokoh pemuda Cibuniasih Abdul Latif mengatakan, sejak era Orde Baru, batu jasper ditambang secara sporadis dan saat ini hanya tinggal tersisa sekitar 150 bongkahan besar saja.

“Saya tidak ingin kemudian bongkahan yang tersisa saat ini juga men adi korban dan habis begitu saja akibat penjarahan. Makanya kami berharap warga dan pemerintah juga terlibat pengawasannya,” kata Latif. Anggota Fraksi PPP DPRD Jabar Cecep Nurul Yakin mengemukakan, kawasan tersebut akan dijadikan geopark. ”Sayapun berharap pengawasan terus berjalan agar jangan sampai bongkahan jasper yang tinggal sisa juga lenyap,” ungkap Cecep.

Nanang kuswara
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1667 seconds (0.1#10.140)