UKM USBM Usung Budaya Minang

Sabtu, 02 Mei 2015 - 10:26 WIB
UKM USBM Usung Budaya Minang
UKM USBM Usung Budaya Minang
A A A
BANDUNG - Sebuah replika rumah gadang yakni rumah asal budaya Minang terpampang di atas panggung nan megah di dalam Gedung Telkom University Convention Hall (TUCH).

Sebuah pertunjukan drama dengan menggunakan bahasa Minang dicampur dengan bahasa In donesia ini menghibur ribuan pe nonton di yang hadir di gedung tersebut. Ada tiga drama yang di pentaskan dalam acara tersebut seperti Batubatikam, Malin Kundang, dan Sabai nan Aluih.

Drama ini mengisahkan tentang legenda-legenda Minangkabau yang sarat akan pesan kebudayaan, khususnya budaya Minang. Selain menampilkan plot le genda khas budaya Minang, pe nampilan drama inipun diselingi musik tradisional yang dimainkan mahasiswa asal Minang yang berkuliah di Telkom University (Tel-U). Semua hiburan budaya asal Minang ini pentaskan dalam satu acara yang bernama “Alek Nagari USBM 2015” yang diseleng garakan oleh UKM USBM.

“Acara ini merupakan acara Dies Natalis UKM daerah Unit Seni Budaya Minang (USBM) Alek Nagari (pusat negeri),” kata Ketua Pa nitia Acara Khairul, Kamis (1/5) malam. Berawal dari ironi perkembangan zaman yang semakin ha ri menggerus kebudayaan daerah, UKM USBM berinisiatif untuk kemballi mem budayakan dan memperkenalkan bu daya daerah khususnya Minang ke masyarakat baik ka langan akademisi maupun masyrakat umum.

Agie permadi
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4413 seconds (0.1#10.140)