May Day, Pemprov Jatim Potong Tumpeng Raksasa

Jum'at, 01 Mei 2015 - 15:11 WIB
May Day, Pemprov Jatim Potong Tumpeng Raksasa
May Day, Pemprov Jatim Potong Tumpeng Raksasa
A A A
SURABAYA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) menyambut para buruh yang merayakan aksi Hari Buruh Sedunia hari ini dengan memotong tumpeng, di depan kantor Gubernur Jawa Timur.

Tumpeng dipotong Gubernur Jawa Timur, kemudian diserahkan kepada perwakilan buruh. Hingga pukul 13.00 WIB, ribuan buruh dari berbagai perusahaan sudah mulai memadati Jalan Pahlwan.

Massa buruh diangkut dengan menggunakan bus, dan sepeda motor secara beriringan. Setibanya di depan kantor gubernur, massa buruh sudah disambut dengan panggung raksasa berukuran 5 meter x 7 meter.

Panggung setinggi 1 meter itu berada tepat di depan kantor gubernur. Panggung tersebut, sengaja disiapkan Pemprov Jatim sebagai tempat orasi perwakilan buruh untuk menyuarakan aspirasi.

Di atas panggung Pemprov Jatim juga telah menyiapkan dua tumpeng ukuran besar untuk para buruh. Tumpeng diletakkan di sebelah kiri dan kanan panggung. Ketika sampai di lokasi, massa buruh terus meneriakkan yel-yel.

Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Sunandar menyambut baik upaya Pemprov Jatim dalam menyambut para buruh ini. Dia berharap, sambutan itu sejalan dengan sikap pemerintah yang mendukung perjuangan buruh.

"Kami menyambut baik. Semoga, dari hasil aksi ini ada kata sepakat dari Pemprov Jatim yang mendukung perjuangan kawan-kawan buruh," kata Sunandar, dalam orasinya, di depan Gedung Pemprov Jatim, Jumat (30/5/2015).

Ditambahkan dia, dalam aksi ini buruh menuntut pembubaran Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) dan diganti Lembaga Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial (LPPHI).

Buruh beranggapan, PHI adalah agenda Neo-Liberal yang melanggar Hak Asasi Manusia (HAM). Selain itu, aksi ini adalah menuntut agar Pemprov Jatim menyiapkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) terkait perlindungan tenaga kerja.

"Kami menutut terbentuknya Raperda perlindungan kerja kepada Pemprov dan DPRD Jatim," pungkasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7630 seconds (0.1#10.140)