Tiga Pendaki Bandung Ditemukan

Jum'at, 01 Mei 2015 - 09:00 WIB
Tiga Pendaki Bandung...
Tiga Pendaki Bandung Ditemukan
A A A
BANDUNG - Lokasi tiga pendaki yang tergabung dalam Taruna Hiking Club (THC) Bandung, Jeroen Hehuwa, 39; Kadek Andana, 26; dan Alma Parahita, 31, yang dikabarkan hilang telah berhasil ditemukan.

Mereka saat ini berada di sa lah satu wilayah di Nepal. Lo kasi mereka sulit diakses baik oleh alat komunikasi maupun kendaraan. Sebab, infrastruktur menuju kawasan itu hancur aki bat bencana gempa bumi dah syat 7,9 Skala Richter (SR) yang mengguncang Negeri Seribu Kuil pada Sabtu 25 April lalu.

Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI/BHI) Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Lalu Mu hammad Iqbal mengatakan, pe nemuan lokasi Jeroen, Kadek, dan Alma tersebut didasarkan pada kontak dengan para pen daki lain yang telah di temukan selamat. “Kami melakukan kontak de ngan sherpa-sherpa (para pen daki) apakah ada yang melihat atau bertemu dengan ketiga WNI tersebut, dari situ kami telusuri,” kata Iqbal yang di hubungi wartawan melalui sambungan telepon saat berada di Lanud Sultan Iskandar Muda Banda Aceh, dini hari kemarin.

Ditanya tentang kondisi ketiga pendaki asal Kota Bandung itu, Iqbal mengemukakan, saat ini Konsul Kehormatan Indonesia di Nepal tengah berusaha menguhubungi mereka. Sedang kan untuk evakuasi, berdasarkan keterangan dari penduduk setempat, lokasi mereka ber ada di titik yang sukar dijang kau sehingga penyelamatan hanya bisa menggunakan helikopter.

“Kami sudah kontak Kementerian Pariwisata Nepal sebagai otoritas pendakian Everest dan yang memiliki helikopter untuk membantu evakuasi. Tapi memang kami harus menunggu karena banyak sekali pihak meminta hal yang sama,” ujar Iqbal. Berdasarkan data Di rektorat PWNI/BHI, saat ini tercatat 95 WNI berada di Nepal, terdiri atas 30 orang yang menetap dan 65 pegunjung.

Dari 65 WNI wisatawan tersebut, 42 orang telah dapat dan/atau sempat dihubungi dalam keadaan baik, 10 orang belum dapat di hubungi dan 13 orang sudah berada di luar Nepal. Dari 30 WNI yang menetap di Nepal, 23 orang telah dapat dihubungi berada dalam keadaan baik dan tujuh belum dapat dihubungi.

THC Kirim Tim Pencari

Taruna Hiking Club (THC) Bandung memberangkatkan tim ke Nepal untuk mencari tiga rekan mereka yang dikabarkan hilang mendaki Mount Everest atau Gunung Himalaya. Tim itu terdiri atas dua anggota THC Gyaista Sampurno dan Victor Tumaang, serta Adijana Gustian syah anggota Wanadri. Gyaista dan Victor berangkat menggunakan penerbangan komersial pukul 14.00 WIB, Rabu (29/4) dari Bandara Husein Sastranegara menuju Kuala Lumpur, Malaysia.

Semen tara Agung berangkat bersama tim dari Ke menlu dari Jakarta menggunakan pesawat Hercules di hari yang sama. Pengurus THC Bandung Jimmy Ong mengatakan dari Bandara Husein, kedua anggota THC akan berangkat bersama dua orang lain yang diutus oleh Pemkot Bandung, yakni Regi Munggaran dan Sofyan Arif Fesa. Regi dan Sofyan merupakan anggota komunitas pecinta alam di Kota Bandung. Mereka berangkat mengguna kan pesawat komersial dari Ban dara Husein Sastranegara menuju Kuala Lumpur sekitar pukul 14.00 WIB, Rabu (29/4).

Selanjutnya, mereka terbang ke Kathmandu, Nepal. Tim yang diberangkatkan itu akan ber usaha mencari informasi valid mengenai Jeroen, Kadek, dan Alma. “Keberangkatan tim ini untuk melakukan assessment dan membuka jalur komunikasi untuk mendapatkan informasi valid dan jelas dan berada lebih dekat dengan lokasi kejadian di Nepal,” kata Jimmy kepada wartawan di Sekretariat THC, Jalan Bukit Dago Utara.

Dian rosadi/ ant
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9351 seconds (0.1#10.140)