BPBD Siapkan Jalur Evakuasi jika Gunung Dempo Meletus

Kamis, 30 April 2015 - 10:57 WIB
BPBD Siapkan Jalur Evakuasi jika Gunung Dempo Meletus
BPBD Siapkan Jalur Evakuasi jika Gunung Dempo Meletus
A A A
PAGARALAM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pagaralam telah menyiapkan jalur evakuasi jika sewaktu-waktu Gunung Api Dempo meletus.

Langkah ini dilakukan mengingat aktivitas kegempaan Gunung Api Dempo (GAD) Pagaralam Sumatera Selatan (Sumsel) yang meningkat sehingga statusnya dinaikan dari Normal menjadi Waspada.

Kepala BPBD Kota Pagaralam Herawadi mengatakan, pihaknya meminta agar masyarakat Pagaralam tetap waspada.

Hal ini karena Gunung Api Dempo tengah mengalami peningkatan aktivitas. Sesuatu hal yang tidak diinginkan bisa saja terjadi.

"Kita sudah menyiapkan jalur evakuasi. Dengan begitu, jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan bisa cepat mencari daerah yang aman," kata dia, Kamis (30/4/2015).

Kemudian, pihaknya tetap berkoordinasi dengan Pos Pemantau Gunung Api Dempo. Dengan begitu, kondisi kekinian bisa diketahui dengan cepat.

Petugas Pengamat Gunung Dempo Windi Cahaya mengatakan, walaupun letusan Gunung Dempo diketahui sejauh ini bersifat letusan freatik hanya debu atau hembusan debu yang dilontarkan, tidak seperti letusan Gunung Sinabung.

Namun menurut pemantau yang pernah bertugas di Pos Pengamat Gunung Senabung Sumatera Utara ini pihaknya tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi apakah ada peningkatan status atau sebaliknya mengalami penurunan.

"Fenomena alam tidak bisa ditebak. Akan tetapi, meskipun demikian kita tetap mengintensifkan pengawasan dan berkoordinasi dengan pihak terkait seperti BPBD Kota Pagaralam," tandasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7990 seconds (0.1#10.140)