Gunung Dempo Erupsi, Semburkan Asap Pekat dan Terdengar Suara Gemuruh

Senin, 21 Agustus 2023 - 22:44 WIB
loading...
Gunung Dempo Erupsi, Semburkan Asap Pekat dan Terdengar Suara Gemuruh
Gunung Dempo di Kota Pagaralam, Sumatera Selatan, mengalami erupsi, Senin (21/8/2023). Foto/Ist.
A A A
PAGAR ALAM - Suara gemuruh dan asap kelabu pekat, tiba-tiba saja menyembur dari kawah Gunung Dempo yang berada di Kota Pagaralam, Sumatera Selatan, Senin (21/8/2023). Suara gemuruh yang disusul semburan asap kelabu pekat tersebut, menandai terjadinya erupdi di Gunung Dempo.



Erupsi Gunung Dempo tersebut, disaksikan secara langsung oleh tim Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG). Mereka berada di kawasan puncak Gunung Dempo, untuk memasang CCTV di sekitar bibir kawah gunung tersebut.



Dalam rekaman video, selain terlihat semburan asap dan bunyi gemuruh dari kawah Gunung Dempo, juga terdengar suara panik ajakan untuk segera turun. Suara kepanikan tersebut, diduga para anggota tim PVMBG yang tengah memasang CCTV di bibir kawah.



Ketua Brigade Badan Registrasi Pendakian Gunung Dempo, Arindi mengaku, salah satu anggota tim PVMBG yang ikut dalam kegiatan pemasangan CCTV di sekitar kawah Gunung Dempo, sempat mengalami kepanikan saat menyaksikan secara langsung erupsi Gunung Dempo.

Tim PVMBG memastikan, erupsi yang terjadi bersifat dangkal, sehingga mereka masih sempat menyelesaikan tugas pemasangan CCTV. "Anggota kami yang ikut dalam pendakian bersama tim PVMBG siang tadi, membenarkan bahwa mereka menyaksikan langsung erupsi tersebut. Selain anggota kami, di puncak terdapat juga tujuh anggota PVMBG dan beberapa pendaki asal Manna, Bengkulu Selatan," ungkap Arindi, Senin (21/8/2023).



Arindi menambahkan, berdasarkan penjelasan dari PVMBG terkait kondisi Gunung Dempo, pihaknya belum mengambil langkah untuk menutup jalur pendakian. Namun, mereka tetap memberikan saran kepada para pendaki untuk menjauhi bibir kawah sebagai tindakan pencegahan. "Pendaki tetap diimbau untuk menjauhi bibir kawah, dan dilarang keras melakukan aktivitas bermalam di puncak Gunung Dempo," pungkasnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2188 seconds (0.1#10.140)