Tengkorak Manusia Ditemukan di Jalur Pendakian Gunung Lawu

Rabu, 29 April 2015 - 23:29 WIB
Tengkorak Manusia Ditemukan di Jalur Pendakian Gunung Lawu
Tengkorak Manusia Ditemukan di Jalur Pendakian Gunung Lawu
A A A
KARANGANYAR - Warga Dukuh Cetho, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Karanganyar dibuat gempar dengan penemuan tengkorak manusia di jalur pendakian menuju Gunung Lawu.

Kasat Reskrim Polres Karanganyar AKP Andry Illyas mengatakan, tengkorak ditemukan warga setempat yang tengah mencari burung, Selasa 28April 2015 sore.

Saat itu, tengkorak di semak-semak yang berjarak sekitar 50 meter dari jalur pendakian melalui kawasan Candi Cetho. Tulang belulang masih terbalut pakaian lengkap."Tengkorak itu kami bawa ke RS Bhayangkara untuk pemeriksaan," kata Andry Illyas.

Sebab RS Bhayangkara memiliki tim yang dapat mengungkap kondisi korban. Seperti umur, jenis kelamin, hingga pencocokan DNA." Sekaligus memeriksa secara medis apakah korban meninggal akibat tindak kekerasan atau tidak," sebutnya.

Sedangkan ciri-ciri yang ditemukan sejauh ini, korban mengenakan kaos hitam dengan tulisan khas grup band metal. Kemudian mengenakan celana kain warna hitam, dan jaket jamper.

Sementara, kondisi fisik yang masih dikenali adalah rambut sebahu. Diperkirakan, jenis kelamin korban adalah laki laki dan berumur 30 tahunan. Namun pada sisi lain, korban ternyata mengenakan cincin dan terdapat sisir di dekat lokasi kejadian.

Dengan kondisi lereng Gunung Lawu yang dingin, korban diduga telah meninggal sekitar 2-6 bulan lalu. Sedangkan di kondisi yang normal, kondisi seperti itu biasanya meninggal antara 6-8 bulan.

Kasi Pemerintahan Desa Gumeng Sutardi mengatakan, lokasi penemuan dari Candi Cetho membutuhkan waktu perjalanan sekitar 1,5 jam. Lokasi penemuan berlokasi antara pos I dan pos II jalur pendakian.

Tim evakuasi berhasil membawa kerangka korban sekitar pukul 17.30 WIB. Dimungkinkan korban adalah seorang pertapa. Selama ini, jalur pendakian ke puncak Gunung Lawu melalui Candi Cetho memang jarang dilewati.

Sebab jalur lebih jauh dibanding jalur pendakian di Cemoro Kandang di Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar atau Cemoro Sewu di Magetan Jawa Timur.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2114 seconds (0.1#10.140)