Perayaan Jubileum Berlangsung Meriah

Minggu, 19 April 2015 - 09:12 WIB
Perayaan Jubileum Berlangsung Meriah
Perayaan Jubileum Berlangsung Meriah
A A A
KARO - Perayaan Jubileum, 125 tahun masuknya Injil ke Kabupaten Karo berlangsung meriah dan dihadiri puluhan ribu jemaat Gereja Batak Karo Protestan (GBKP) di Lapangan Samura Kabanjahe, Sabtu (18/4).

Acara diisi dengan kebaktian, berbagai atraksi, dan pelantikan Moderamen periode 2015- 2020. Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly turut hadir dalam kegiatan tersebut. Dia mengatakan kualitas hidup, kemajuan dalam bidang sosial, ekonomi, pendidikan, serta kehidupan spiritual yang dinikmati saat ini merupakan buah pekabaran Injil yang dilakukan Nederlandschs Zendeling Genootschap (NZG) 125 tahun yang lalu.

“Untuk itu, kita perlu bersyukur bahwa kehadiran misi zending pada masa itu tidak hanya membangun spiritualitas masyarakat, tetapi juga membuat masyarakat Karo sebagai petani yang terdidik, andal dan profesional,” kata Yasonna. Yasonna juga mengajak masyarakat Karo, khususnya korban erupsi Sinabung tetap tabah dan terus berdoa supaya Gunung Sinabung kembali normal dan keadaan masyarakat berangsur pulih.

Dia mendukung program yang dijalankan GBKP, seperti pembangunan menara peringatan 125 tahun GBKP di Kompleks GBKP Kabanjahe Kota. Sementara itu, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Gatot Pujo Nugroho dalam sambutannya mengatakan, perayaan jubileum jangan hanya seremoni, tapi menjadi proses konsolidasi gereja untuk pembinaan umat dan memberi kontribusi pembangunan dalam kesadaran keberagaman yang sangat penting dalam menghadapi pasar bebas ASEAN.

Gatot mengimbau semua masyarakat meningkatkan kompetensi dan nilai spiritualitas menjadi bagian yang penting untuk direkomendasikan bagi jemaat. “Jubileum menjadi momen strategis untuk bangkit dan meningkatkan daya saing. Jadi, mari kita sama-sama membangun daerah,” ucapnya. Pada kesempatan itu, Yasonna dikenakan uis jongkit Karo berlogo jubileum 125 tahun masuknya Injil ke Karo.

Sementara kepada Gatot dikenakan uis beka buluh . Sekjen United Evanglical Mission (UEM) Pdt Dr Fidon Mwombeki yang hadir dalam acara itu mengatakan, GBKP telah tumbuh menjadi gereja yang kuat sejak penginjilan 125 tahun yang lalu. Para misionaris terdahulu membawa kabar baik bagi masyarakat Karo. “Mereka adalah pahlawan-pahlawan Injil. GBKP merupakan gereja yang bertumbuh dan salah satu gereja terbaik di UEM. Bersama Yesus, gereja akan terus bertumbuh,” katanya.

Ketua Panitia Sidang Sinode XXXV dan Perayaan Jubileum 125 Tahun GBKP Setia Darma Sebayang mengharapkan jemaat GBKP terus bertumbuh dan menjadi saksi Kristus. Terkait dengan pembangunan menara Jubileum 125 Tahun GBKP, dia berharap tetap ada dukungan dari pemerintah dan stakeholder hingga menjadi kebanggaan warga Sumut nantinya.

Dalam ibadah raya perayaan jubileum juga dilakukan pelantikan 10 pengurus Moderamen GBKP periode 2015-2020 dengan Ketua Umum Pdt Agustinus P Purba yang dilakukan oleh pendeta tertua di GBKP Pdt Em Selamat Barus. Turut hadir pada perayaan Jubileum 125 tahun, di antaranya Bupati Karo Terkelin Brahmana;

Bupati Simalungun JR Saragih; perwakilan gereja dari Jerman (Klasis Bad Bentheim, Herford dan Luebbecke, West Falia); Letjen Purn Amir Sembiring; Mayjen Purn RK Milala; Irjen Pol Sadar Sebayang; Hakim Agung Dr Jakup Ginting mewakili Kapoldasu; Kombes Tabana Bangun mewakili Pangdam I BB; Kapolres Karo AKBP Victor Togi Tambunan; dan Sinode Gereja Toraja.

Riza pinem
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3898 seconds (0.1#10.140)